Biodata dan Profil William G Morgan Sang Penemu Bola Voli

William G Morgan itulah nama orang ini. Dia merupakan salah satu tokoh yang terkenal pada masanya. Jika kamu merupakan penggemar olahraga bola voli, pasti kamu sudah kenal betul dengan orang ini.

bioda william g morgan lengkap
bioda william g morgan lengkap

Siapa sih William G Morgan Penemu Bola Voli itu?

William G Morgan adalah penemu dari olahraga bola voli. Dia lahir Lockport, New York pada tahun 1870 dan meninggal pada tahun 1942 atau tepatnya pada usia 72 tahun. Pastinya kalian penasaran dengan william g morgan karena postingan kami sejarah bola voli internasional paling lengkap.

William G Morgan merupakan seorang anggota Young Men’s Christian Association atau yang disingkat YMCA. YMCA adalah sebuah organisasi yang didirikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat kristen, khususnya kepada pemuda.

Organisasi ini didirikan pada tahun 1884 tepatnya di London, ibukota Inggris. Di organisasi YMCA, William G Morgan bertemu dengan penemu olahraga basket yaitu James Naismith. James Naismith dan William G Morgan merupakan anggota yang mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani.

profil william g morgan
Selain sama-sama mendedikasikan hidupnya sebagai instruktur pendidikan jasmani, William g morgan dan James Naismith juga merupakan lulusan dari Springfield College of YMCA.

Pada tahun 1895, William G Morgan membuat gebrakan baru di dunia olahraga. Terinspirasi dari James Naismith yang 4 tahun sebelumnya membuat olahraga basket, William G Morgan membuat olahraga baru yang diberi nama mintonette.

Mintonette merupakan cikal bakal terjadinya olahraga bola voli yang kita kenal hingga saat ini. Usut punya usut ternyata mintonette dirancang tidak seberat olahraga basket, karena awalnya olahraga ini dikhususkan untuk orang tua.

Setahun kemudian William G morgan mengganti nama mintonette menjadi Volleyball, nama ini yang kita kenal hingga saat ini. Perubahan nama ini terjadi pada tahun 1896 demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School.

penemu bola voli
penemu bola voli
Pada demonstrasi pertandingan pertama bola voli tersebut William G Morgan diundang oleh Dr. Luther Halsey Gulick yang merupakan Direktur pendidikan latihan fisik profesional dan Direktur  departemen pendidikan fisik Internasional. William G morgan diundang untuk mendemonstrasikan olahraga bola voli di stadion yang terletak di kampus.

Saat mencontohkan olahraga bola voli untuk pertama kalinya, William G Morgan membawa dua tim yang masing-masing beranggotakan 5 orang. Morgan juga mengatakan jika olahraga ini bisa dimainkan indoor dan outdoor.

Morgan juga mengatakan jika tujuan dari permainan ini adalah untuk mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi dari wilayah sendiri dan wilayah lawan nah itulah Biografi dari William G Morgan, biar lebih lengkap lagi silahkan dibaca profilnya ya:

Biodata William G. Morgan Sang Penemu Bola Voli

  • Nama Lengkap: William G Morgan
  • Nama Panggilan: Morgan
  • Tanggal Lahir: 1870
  • Meninggal: 1942
  • Usia: 72 Tahun
  • Pekerjaan: Instruktur pendidikan jasmani YMCA
  • Dikenal Sebagai: Penemu Olahraga Bola Voli
Baca Juga:
Demikian adalah biodata william g morgan beserta profilnya. Gimana sudah kenal kan dengan William G Morgan yang merupakan penemu olahraga bola voli? Biar teman kamu juga kenal jangan lupa juga share ke media sosial ya. Biar tambah lengkap baca juga artikel kami yang membahas tentang sejarah olahraga bola voli

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Biodata dan Profil William G Morgan Sang Penemu Bola Voli"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.