5 Posisi WAJIB dan Tugas di Permainan Bola Basket

Bola basket, pasti pembaca sudah kenal betul dengan olahraga ini. Olahraga bola basket merupakan olahraga indoor yang belakangan ini berkembang pesat di Indonesia terbukti dengan adanya kompetisi Bola basket professional Indonesia yang tiap pertandingan tak sepi penonton.

Oh iya sebelumnya saya sudah membahas tentang ukuran lapangan bola basket lengkap dengan gambarnya, buat sobat yang belum mengerti silahkan baca artikelnya.

Back to topic, jika dilihat dengan permainannya yang berberebut bola dengan lawan menggunakan tangan, bola basket memang seru banget apalagi tempo pertandingan yang tergolong sangat cepat.

posisi dalam bermain bola basket
posisi dalam bermain bola basket
Bola basket dimainkan oleh 5 orang pemain antar tim, dalam suatu pertandingan  kedua tim akan berebut bola dan memasukan bola tersebut ke dalam ring.

Bola basket memiliki peraturan-peraturan yang harus ditaati, bila peraturan tersebut dilanggar, tentu akan ada sanksi atau hukuman yang akan diberikan kepada pemain yang melanggar peraturan tersebut (Selengkapnya Baca: 15++ Aturan Penting di Bola Basket)

posisi wajib dalam basket
posisi wajib dalam basket
Sesuai judul diatas, pada artikel ini saya akan membahas posisi pemain dalam olahraga bola basket. Hal ini sangat wajib untuk dipelajari, karena sangat penting untuk mengetahui dan mengenali setiap posisi pemain basket agar seorang pemain dengan mudah melakukan tugasnya saat bermain bola basket.

5 Posisi WAJIB Ada di Permainan Bola Basket

1. Point Guard

Untuk menjadi point guard, anda perlu mengetahui  tentang segala peraturan dan teknik basket bahkan sampai strategi terbaik untuk membawa kemenangan dalam tim. Point guard merupakan salah satu pemain penting dalam sebuah tim basket karena dianggap sebagai penyampai tugas pelatih ketika laga dimulai.
posisi point guard dalam basket
posisi point guard dalam basket

2. Shooting Guard

Sesuai dengan namanya, shooting guard bertugas untuk melakukan tembakan-tembakan ke arah ring atau simpelnya seperti striker dalam sepakbola. Pemain berposisi shooting guard perlu memiliki kecepatan dan kelincahan yang bagus. Tak hanya itu shootning guard juga harus memiliki skill dribble dan shooting yang mantap.
shooting guard dalam basket
shooting guard dalam basket

3. Small Forward

Biasanya, pemain ini memiliki badan yang atletis banget. Tak hanya itu seorang small forward harus memiliki kecepatan karena tugasnya sebagai pemain yang berlari mengisi jalur serangan cepat. Biasanya small foward sering kali mencetak angka dari pemain, untuk menjadi small foward kamu perlu memiliki shooting dan dribbling yang bagus.
posisi small forward
posisi small forward 

4. Center

Center juga merupakan pemain penting dalam sebuah tim basket, pasalnya seorang center menjadi orang yang bertanggung jawab di lini pertahanan tim basket. Seorang center harus memiliki tubuh bagian atas yang kuat karena sering kali terjadi adu body dengan lawan di area ring.
center dalam basket
center dalam basket
Baca Juga:

5. Power Forward

power forward dalam basket
power forward dalam basket
Sama dengan center, power forward juga harus memiliki body yang kuat. Bedanya power forward lebih lincah dan gesit ketimbang center. Tugas power foward adalah betanggung jawab ketika terjadinya rebound, tak jarang pula seorang power foward ditugaskan untuk menjaga center lawan karena bodynya yang sama-sama besar.

Itulah posisi-posisi bola basket dan tugas yang harus dilakukan oleh seorang pemain basket. Sudah paham kan? Nah jika sudah paham jangan lupa share agar teman-teman kamu juga pamah mengenai posisi dan tugas pemain bola basket. Ada yang kurang? Silahkan tulis di kolom komentar

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "5 Posisi WAJIB dan Tugas di Permainan Bola Basket"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.