Mengenal 4 Posisi dan Peran Penting Pemain Futsal

Mengenal 4 Posisi dan Peran Penting Pemain Futsal

Denger kata futsal, hampir semua orang khususnya anak muda paham betul ini olahraga apa. Bisa dibilang sepakbola mini ya, karna futsal memang mirip sepakbola.

Bedanya futsal dimainkan dilapangan lebih kecil (umumnya lapangan futsal didalam ruangan atau indoor), Dimainkan 5 orang, pegantian unlimited beda sama sepakbola yang dimainkan dilapangan lebih gede.

Berhubung dimainkan 5 orang, perbedaan akan terlihat jelas pada strategi dan posisi sangat berbeda. Tempo permainan futsal pun juga berbeda dengan sepakbola, karna futsal biasanya menyajikan permainan yang cepat.

Buat kamu yang baru mengenal futsal artikel ini pas banget nih, karna saya akan membahas mengenai posisi pemain futsal lengkap dengan tugasnya. Sudah siap mengenal lebih jauh tentang posisi pemain futsal dan tugasnya? Yuk simak kelanjutannya.

1. Kiper

Berhubung nomer 1 identik dengan kiper, posisi futsal pertama yang harus kamu ketahui adalah kiper. Sebenarnya tugas kiper futsal dan kiper sepak bola itu sama, sama-sama Melindungi gawang dari serangan lawan.

Ingin jadi kiper futsal? Kamu harus memiliki refleks dan insting membaca bola yang baik. Bakal tambah mantep lagi kalau kamu punya badan gede, jadi musuh bakal kesulitan jebol gawang kamu.

2. Anchor

Posisi selanjutnya adalah anchor. Anchor ini biasanya diposisikan didepan kiper, kalau disepak bola anchor sama dengan bek. Bedanya tugas anchor tidak cuma bertahan, tapi juga mengatur permainan tim. Jadi anchor bisa juga dibilang pemain pertama yang memulai penyerangan.

Berhubung tugasnya bertahan dan menyerang, kamu harus punya skill penguasaan bola yang baik dan juga stamina yang kuat untuk jadi anchor hebat, sehebat anchor langganan timnas Jaelani Ladjanibi.

3. Flank

Flank adalah motor serangan sebuah tim futsal, flank biasanya berada disamping. Selain bertugas sebagai motor serangan, flank juga harus menjadi penghubung antara anchor dan pivot.

Seorang flank dituntut menciptakan peluang gol, tak heran posisi flank menjadi senjata andalan tim untuk mencetak gol.

Seorang flank harus memiliki speed dan kontrol yang bagus, tak hanya itu flank juga dituntut jeli memanfaatkan tiap peluang untuk menjadi gol seperti yang dipraktekan pemain futsal timnas BBS a.k.a Bayu Bambang Saptaji.

4. Pivot

Posisi terakhir adalah pivot, pivot ini bertugas sebagai pemain yang menyelesaikan peluang menjadi gol. Pivot perannya tak kalah vital dari anchor, bahkan pivot juga bisa menjadi pemutus serangan pertama dari lawan sebelum lawan masuk ke daerah pertahanan sang pivot.

Untuk menjadi pivot, kamu harus memiliki body balance yang tinggi dan insting haus gol yang buas. Sebagai contoh kamu bisa lihat Syahidansyah Lubis, Pivot gempal andalan timnas

Itulah posisi dan tugas pemain futsal yang wajib diketahui. Selama bermain futsal, Saya pribadi berposisi sebagai flank. Apa posisi mu bro? silahkan tulis jawabannmu dikolom komentar ya

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Mengenal 4 Posisi dan Peran Penting Pemain Futsal"

Posting Komentar

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.