Penjelasan Strategi dan Formasi Futsal Paling Lengkap

Sebelumnya futsal hanya terkenal di Eropa dan Amerika Latin saja, akan tetapi Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, olahraga ini semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ada alasan kenapa futsal bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, alasan tersebut adalah Kemiripannya dengan Sepakbola. Sebenarnya tidak terlalu mirip ya, ada juga perbedaan antara sepakbola dan futsal seperti yang kami bahas sebelumnya diartikel Perbedaan Sepakbola dan Futsal.

Salah satu kemiripan Futsal dan Sepakbola yang mencolok adalah Permainannya. Yap, Futsal dan Sepakbola memang merupakan cabang olahraga yang sama-sama memainkan Bola menggunakan kaki, siapa yang cetak gol lebih banyak dia yang menang. 

formasi dan strategi futsal lengkap
formasi dan strategi futsal lengkap
Baca Juga : 
Istilah-Istilah dalam Dunia Futsal, Anak Futsal Wajib Paham!
Memang permainannya Sama tetapi strateginya beda ya. 'Kenapa bisa beda?' Dilihat dari jumlah pemainnya saja, Tak mungkin rasanya jika menggunakan formasi sepakbola seperti 4-3-3 atau formasi sepakbola modern seperti 4-2-3-1 dan 3-4-3.

Maka dari itu Formasi dan Strategi Futsal berbeda dengan Sepakbola. 'bingung tentang strategi dan formasi futsal?' Pada artikel ini kami akan membahas tuntas mengenai Formasi dan Strategi Futsal Modern, Tentu artikel ini akan cocok banget buat kamu yang ingin mendalami lebih dalam lagi tentang strategi dan formasi futsal modern, kalian dapat menyima secara lengkap strategi dan formasi futsal yang telah kami rangkum dibawah ini:

Formasi Futsal

  • 1-1-2
  • Formasi ini dikenal dengan bentuknya yang menyerupai Huruf Y. Formasi ini menempatkan 2 Sosok penyerang diatas, Tentu formasi ini sangat cocok untuk klub yang ingin Terus menyerang baik itu untuk memecah kebuntuan atau ingin membantai lawan.
    formasi 1-1-2 futsal
    formasi 1-1-2 futsal
  • 2-0-2
  • Jika kamu ingin bermain seimbang, Baik itu untuk urusan menyerang dan juga bertahan, Formasi yang dikenal dengan Formasi Square (Kotak) ini sangat cocok. Menempatkan 2 Anchor dan 2 Pivot, Formasi ini sangat fleksibel sekali untuk menyerang dan bertahan.
  • 1-2-1
  • Formasi ini menjadi formasi yang paling sering digunakan oleh pelatih Futsal baik itu lokal maupun internasional. Menepatkan 1 Anchor di belakang, 2 Flank di tengah dan 1 Pivot didepan, Formasi ini dianggap sebagai versi futsalnya formasi 4-2-3-1 sepakbola.
    formasi 202 futsal
    formasi 202 futsal
  • 3-0-1
  • Tak hanya sepakbola saja yang mengenal parkir bus ala jose mourinho, di futsal pun ada formasi bertahan setipe dengan parkir bus. Formasi ini merupakan formasi bertahan yang menggunakan 3 Anchor dibelakang. Sangat cocok sekali jika digunakan untuk mempertahankan keunggulan pada menit-menit terakhir. Ingin menjadi anchor yang tangguh dalam bermain futsal, kalian bisa baca 4 tips menjadi anchor yang tangguh dalam futsal.
    formasi 3-0-1 futsal
    formasi 3-0-1 futsal

Baca Juga :  

Strategi Futsal

  1. Tiki Taka
  2. Dengar Kata Tiki-Taka, Pasti Pembaca sudah tidak asing lagi mendengar istilah ini. Sama seperti versi bolanya, Tiki taka versi futsal pun menganut sistem permainan yang sama. Dimulai dengan passing-passing dan pergerakan yang cepat jika ada peluang langsung tembak ke arah gawang.
  3. Power Play
  4. Strategi ini merupakan strategi yang terfokus pada penyerangan, Saking fokusnya kiper yang awalnya hanya menjaga gawang ikut maju kearea penyerangan. Biasanya Strategi Power Play digunakan pada saat klub tertinggal oleh lawan. Sebelumnya kami sudah membahas mengenai strategi power play, Untuk lebih lengkapnya silahkan baca: Penjelasan Strategi Power Play.
    strategi power play dalam futsal
    strategi power play dalam futsal
  5. Strategi Melebar
  6. Strategi ini memainkan permainan hingga ke sudut lapangan. Strategi melebar sangat cocok untuk dipadukan dengan formasi square 2-0-2. Strategi ini dapat memainkan bola secara leluasa dengan dapat memanfaatkan lebar lapangan, Ketika pemain depan bermain melebar, Pemain belakang bisa maju kedepan untuk menyambut umpan dari pemain yang bergerak melebar.
Demikian ulasan lengkap mengenai formasi dan strategi futsal yang sering digunakan dan diterapkan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat khususnya dalam olahraga futsal.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Penjelasan Strategi dan Formasi Futsal Paling Lengkap"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.