Ini Dia 5 Perlengkapan dan Peralatan Wajib Bola Voli

Bola voli, olahraga ini bukan olahraga baru di dunia ini mengingat kepopuleran olahraga ini lumayan besar terutama di Indonesia. Olahraga voli memang sangat seru untuk dimainkan, bisa saling passing, smash hingga jatuh bangun untuk mengeblocknya. 
peralatan dan perlengkapan wajib bola voli.png
peralatan dan perlengkapan wajib bola voli
Seperti diketahui untuk memainkan olahraga voli perlu peralatan atau perlengkapan yang bisa dibilang wajib untuk disediakan sebelum melakukan olahraga bola voli, apabila peralatan tersebut tidak ada tentu kita tidak bisa bermain bola voli dengan sempurna. Kira-kira apa saja sih peralatan yang wajib ada dalam olahraga bola voli? Disimak yuk kelanjutannya.

Perlengkapan dan Peralatan Wajib saat Bermain Bolaa Voli

1. Lapangan

peralatan dan perlengkapan wajib bermain bola voli
Yang pertama ini jelas banget untuk disediakan, jika tidak ada lapangan mau main dimana? Main dihalaman, takut bola terkena kaca, mau main didalam rumah jelas-jelas bisa merusak alat-alat rumah, maka dari itu lapangan wajib disediakan terlebih dahulu sebelum bermain bola voli. Menurut standar internasional, olahraga bola voli harus dimainkan dilapangan yang berukuran 9 x 18 Meter dengan garis tepi berukuran 5 Centimenet. Kami sudah membahas ukuran lapangan, tinggi net dan garis tepi lapangan bola voli selengkapnya pembaca bisa baca artikel mengenai ukuran lapangan, tiang dan net bola voli lengkap beserta gambar.

2. Tiang dan Net

Selanjutnya net atau bahasa Indonesianya jaring. Tentu keberadaan net dalam sebuah lapangan bola voli sangat dibutuhkan. Ukuran tinggi net bola voli pria dan wanita itu berbeda loh, untuk ukuran tinggi net pria 2,43 Meter sedangkan ukuran tinggi net wanita 2,24 Meter. Sedangkan ukuran netnya adalah panjang 9,5 meter dan lebar 1 meter. Siapkan juga tiang sebagai penyangga net ditengah lapangan. 

3. Bola

Gimana mau main kalo bolanya nggak ada? Maka dari itu bola sangat wajib untuk disediakan. Bola voli yang beredar dipasaran umumnya terbuat dari bahan kulit. Sementara itu mengenai ukurannya, umumnya keliling bola voli berukuran 65-70 cm dengan ketentuan berat bola, yakni 250-280 gram. Jangan lupa pula untuk memperhatikan tekanannya, tekanan dalam bola voli berkisaran 0.30-0.325 kg/cm. Kalian juga dapat mengetahui bagaimana sejarah bola voli di dunia. Disana kalian bisa mengetahui siapa penemu bola voli itu sendiri.

4. Kaos dan Celana Pendek

Biar terlihat professional, kamu juga harus menggunakan kaos dan celana pendek. Kenapa harus pendek? Supaya gerak lebih bebas atau intinya agar kamu nyaman ketika bermain bola voli apalagi seragam dengan rekan setim, jadi berkesan professional bukan? Perlu dicatat kaos yang digunakan libero wajib beda ya.

5. Sepatu

sepatu salah satu perlengkapan wajib bola voli
Yang terakhir ini penting banget gais, saya rasa hampir seluruh olahraga didunia ini kecuali renang dan taekondo mewajibkan pemainnya untuk menggunakan sepatu. Jangan khawatir, ada banyak sekali produsen sepatu yang didesain khusus untuk bola voli yang beredar dipasaran. 

Baca Juga:
Peraturan & Pelanggaran dalam Bola Voli Yang Wajib Kalian Ketahui
Saya rasa itulah 5 perlengkapan dan peralatan wajib bola voli dipersiapkan sebelum bermain olahraga bola voli. Tentu menyiapkan beberapa perangkat diatas akan memberi kenyamanan dan kesan professional ketika bertanding bola voli. Cukup sekian artikel kali ini, terimakasih sudah membaca, salam olahraga!

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Ini Dia 5 Perlengkapan dan Peralatan Wajib Bola Voli "

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.