Ini Dia Ukuran Lapangan, Tiang dan Net Bola Voli Beserta Gambarnya

Olahraga bola voli, olahraga yang dimainkan 2 tim dengan masing-masing tim beranggota 6 orang ini adalah olahraga yang sangat populer di Indonesia. Saking populernya, banyak sekali turnamen-turnamen bola voli amatir yang diadakan dikota maupun desa, seperti desa yang penulis tempati yaitu desa Garahan. 

Jika diperhatikan permainan bola voli memang menarik untuk dimainkan. Pembaca bisa oper-mengoper, smash bahkan memblock bola. Salah satu kelebihan olahraga ini adalah human friendly untuk semua orang dari berbagai kalangan, tidak perlu modal banyak untuk memainkan olahraga ini. Di Indonesia, olahraga bola voli dikelola oleh Persatuan bola voli seluruh Indonesia atau sering disingkat PBVSI

ukuran lapanga, net, dan bola voli
ukuran lapanga, net, dan bola voli
Usut punya usut, ternyata olahraga bola voli sudah berkembang lama di Indonesia, tepatnya sejak penjajahan Belanda. Kalian bisa baca infonya di sejarah bola voli di indonesia. Pantas saja, olahraga voli cukup populer di Indonesia. Salah satu hal yang identik dengan olahraga bola voli adalah lapangannya. Jadi jika sobat ingin membuka turnamen bola voli, harap disediakan dulu lapangannya ya. 

Info Menarik:
Kumpulan Kata Bijak dan Motivasi dari Tokoh Sepakbola Dunia
Lapangan bola voli yang baik, tentu mengikuti ukuran yang ditetapkan oleh asosiasi bola voli internasional. Berapa meter sih ukuran lapangan bola voli yang benar? Berikut ini ulasan lengkap mengenai ukuran lapangan bola voli standar internasional lengkap dengan ukuran tinggi net nya. Disimak dengan seksama ya, biar enggak ada yang kelewatan.

Ukuran Lapangan Bola Voli

Sebelum mengukur lapangan bola voli pastikan dulu sediakan lahan yang akan digunakan untuk membuat lapangan bola voli. Perlu dicatat lapangan bola voli berbentuk persegi panjang, bukan kotak apalagi bundar ya. Untuk ukurannya simak keterangan dibawah ini:
  • Panjang: 18 Meter
  • Lebar: 9 Meter
  • Lebar Garis serang: 3 Meter

Detail Gambar Ukuran Lapangan Bola Voli
ukuran lapangan bola voli
ukuran lapangan bola voli

Itulah ukuran lapangan bola voli standar internasional. Pastikan ukuran lapangan bola voli yang anda buat sudah sesuai dengan ukuran lapangan bola voli standar internasional diatas, lebih jelasnya silahkan simak gambarnya juga, selanjutnya mari kita ulas mengenai ukuran net dan tiang bola voli

Ukuran Tiang dan Net Bola Voli

  • Lebar net bola voli : 1 meter
  • Tinggi net untuk putra : 3,43 meter
  • Tinggi net untuk putri : 2,24 meter
  • Tinggi antena pada net bola voli : 0,8 centimeter
  • Tinggi tiang net bola voli : 2,25 meter
  • Jarak tiang net dengan garis samping lapangan bola voli : 0,5 – 1 meter
  • Pita tepian samping net : 5 centimeter sepanjang 1 meter
  • Pita tepian atas net : 5 centimeter
  • Mata jala net : 10 centimeter

Detail Gambar Ukuran Tiang dan Net Bola Voli

gambar ukuran tiang dan net bola voli
gambar ukuran tiang dan net bola voli
Baca Juga:
Sudah paham kan ukuran standar internasional lapangan, net dan tiang bola voli? Jika sudah paham jangan lupa share ke media sosial supaya teman-teman kamu juga mengerti tentang ukuran lapangan bola voli yang benar, Simak juga beberapa artikel mengenai lapangan bola voli lainnya. Dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman kalian.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Ini Dia Ukuran Lapangan, Tiang dan Net Bola Voli Beserta Gambarnya"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.