Daftar Perlengkapan Wajib Wasit Sepak Bola

Semua cabang olahraga yang ada di dunia pasti memiliki wasit, salah satunya pada olahraga terpopuler di Dunia yaitu sepakbola. Kehadiran pengadil lapangan ini memang sangat diperlukan untuk mengatur jalannya pertandingan, terutama pada momen-momen penting ketika laga berlangsung seperti terjadinya pelanggaran. Pada cabang olahraga sepakbola, terdapat 4 wasit. 
daftar perlengkapan wasit sepak bola
Tentu ke-empat wasit tersebut memiliki tugasnya masing-masing. Diantara 4 wasit yang menjadi pengadil dalam olahraga sepakbola memiliki tugas berbeda. Berikut rincian tugas dan peran wasit sepakbola:
  • 1 Wasit Utama: Tugas wasit utama adalah memimpin jalannya pertandingan langsung ditengah lapangan. Wasit utama menjadi wasit tercapek dalam sebuah laga sepakbola, karena harus mondar-mandir mengikuti jalannya bola.
  • 2 Asisten Wasit: asisten wasit yang juga dikenal sebagai hakim garis ditempatkan dipinggir lapangan. Tugas dari asisten wasit adalah membantu wasit utama menentukan sah tidaknya gol, offside dan pelanggaran. Biasanya asisten wasit menggunakan bendera sebagai pertanda.
  • 1 Wasit Cadangan: Dari namanya saja sudah jelas wasit ini berkerja diluar lapangan. Selain sebagai cadangan, wasit cadangan bertugas sebagai menginformasikan penggantian pemain dan tambahan waktu.
Sudah tau kan tugas wasit dalam olahraga sepakbola? Nah biar semakin lengkap, penulis ingin mengajak pembaca sekalian untuk mengenal peralatan-peralatan wajib wasit sepak bola. Simak terus ya sampai selesai.

1. Peralatan Wasit Utama

Peluit

Mengingat nggak mungkin rasanya wasit teriak-teriak untuk mengingatkan pemain itu pelanggaran atau bukan. Fungsi peluit tentu dibutuhkan, tentu kegunaan peluit untuk memberi kode momen penting seperti memulai dan menghentikan laga, terjadinya pelanggaran serta momen-momen penting lainnya.
peluit wasit sepak bola

Kartu & Buku

Alat nomor dua ini juga enggak kalah penting dari peluit. Apalagi kartu, kartu yang digunakan wasit ada dua macam yaitu kartu kuning dan kartu merah. Kartu ini difungsikan sebagai sanksi untuk pemain yang melakukan pelanggaran.

Koin & Jam

koin dan jam wasit sepak bola
koin dan jam wasit sepak bola
Sebelum memulai pertandingan, pasti harus memilih sisi lapangan untuk inilah fungsi koin yang dibawa oleh wasit sebagai tos-tosan. Koin yang digunakan bukan koin sembarangan, melainkan koin resmi dari FIFA. Selain itu wasit utama juga membawa jam sebagai penunjuk waktu pertandingan. Kartu kuning untuk pelanggaran yang agak berat dan kartu merah untuk pelanggaran yang sangat berat. Setelah diberi sanksi berupa kartu, nama pemain tersebut akan dicatat pada buku. Buku tersebut juga berisi catatan-catatan yang penting seperti pergantian pemain, pelanggaran dsb.

Lihat Juga:
5 Pesepakbola yang Meninggal Ketika Bertanding, Nomer 2 Kamu Gak Nyangka

2. Peralatan Asisten Wasit

Bendera

bendera asisten wasit sepak bola
Berbeda dengan wasit utama, Asisten wasit atau hakim garis tidak memerlukan peluit, tetapi hanya mebutuhkan bendera yang bermotif corak. Bendera tersebut berfungsi sebagai pertanda, memberikan sinyal atau bahasa kerennya kode-kodean kepada wasit utama. Biasanya asisten wasit akan memberikan kode ketika terjadinya offiside, pelanggaran dan bola keluar

3. Peralatan Wasit Cadangan

Papan Elektronik

papan elektronik sepak bola
Seperti yang sudah saya jelaskan diawal, tugas dari dari wasit cadangan adalah untuk menggantikan wasit utama jika sang wasit tidak memungkinkan untuk melanjutkan tugasnya. Selain itu wasit cadangan juga menginformasikan pergantian pemain dan tambahan waktu, untuk menginformasikan hal tersebut wasit cadangan menggunakan papan elektronik. 

Baca Juga:

Itulah beberapa daftar peralatan wasit sepak bola ketiga bertugas dilapangan. Peralatan tersebut sangat membantu peran dan fungsi wasit ketika melaksanakan tugasnya di lapangan. Gimana sudah paham kan sekaran?. Sudah siap jadi wasit ? Jadilah wasit yang adil dan bijaksana ya dalam memutuskan suatu keputusan. Sekian dari saya untuk artikel kali ini. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman kalian ya. 

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Daftar Perlengkapan Wajib Wasit Sepak Bola"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.