10 Fakta Unik Desa Garahan yang Jarang Diketahui

10 Fakta Unik Desa Garahan yang Jarang Diketahui

Garahan adalah nama suatu desa yang terletak di Kabupaten jember bagian timur. Jika kamu sering melakukan perjalanan dari jember ke banyuwangi atau sebaliknya kamu pasti melewati desa Garahan.

Desa Garahan memiliki kuliner khas yang cukup terkenal yaitu Nasi Pecel pincuk Garahan seperti yang sudah saya bahas pada artikel Nasi Pecel Pincuk Garahan, Kuliner Khas Jember Timur yang Wajib Kamu Coba

Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai tempat tinggal tercinta ini. Bukan kuliner ataupun berita mengenai desa garahan.

Yap, kali ini akan membahas tuntas mengenai 10 Fakta Unik Desa Garahan yang Jarang Diketahui. Tahukah kamu? nyatanya didesa Garahan ini banyak sekali hal, terutama sejarah yang menarik untuk dipelajari. Seperti apa? Berikut ulasan lengkap mengenai 10 Fakta Unik Desa Garahan yang Jarang Diketahui.

1. Desa Garahan awalnya ditemukan oleh Kakek Tegowati yang berasal dari suku madura, Kakek tegowati merupakan kepala desa Garahan Pertama.

2. 'Kenapa dinamakan Garahan?' karena pada saat pembabatan hutan belantara dilakukan pada malam hari berbarengan dengan Gerhana Bulan. Ternyata nama Garahan diambil dari bahasa madura, yang artinya adalah Gerhana Bulan.

3. Menurut data dari wikipedia jumlah penduduk desa Garahan mencapai 10.437 jiwa.

4. Penduduk di Desa Garahan didominasi Orang madura dan sebagian orang jawa.

5. Kebanyakan Penduduk Garahan berprofesi sebagai petani Kopi, Karet, Padi dan Tembakau.

6. Walaupun letaknya lumayan jauh dari pusat kota, Desa Garahan adalah salah satu desa yang strategis, terbukti dengan adanya Pabrik Rokok Sampoerna, Pabrik Triplek, Pabrik aspal dan Pabrik Getah.

7. Terowongan Garahan adalah terowongan sepanjang 113 M yang dibuat oleh Perusahaan Hindia Belanda bernama Staatsspoorwegen pada tahun 1901-1902

8. Stasiun Garahan adalah satu-satunya stasiun yang berada di desa Garahan. Disinilah cikal bakal kuliner khas nasi pecel pincuk Garahan berasal.

9. Kuliner Khas Desa Garahan Adalah Nasi Pecel Pincuk Garahan. Makanan ini dijual disekitar stasiun Garahan dan Sepanjang jalan banyuwangi.

10. Di depan lapangan desa Garahan Terdapat Monumen perjuangan KHR. As’ad Syamsu Arifin. monumen ini dibuat untuk memperingati Jasa KHR. As'ad Syamsul Arifin yang mengusir Serdadu Jepang dari desa Garahan.

Seperti itulah 10 Fakta Unik Desa Garahan yang jarang diketahui. Jangan lupa subscribe dan follow akun media sosial blog ini untuk mendapatkan artikel unik dan menarik lainnya.

Berlangganan Gratis via E-mail

6 Responses to "10 Fakta Unik Desa Garahan yang Jarang Diketahui"

  1. Baru tau ane gan.
    terimakasih atas artikelnya sangat membantu.

    ReplyDelete
  2. Baru tahu kalau pabrik rokok sampoerna ada di desa Gerahan ini mas Adya :-D setahu saya di Surabaya, karena di bungkus rokok nya sendiri di Surabaya gitu hehe.
    Salam kenal mas Adya Razan.
    Rudhi - Jagatteknik

    ReplyDelete
  3. Explore desa tercinta kang Dimas...
    #bossyahoot

    ReplyDelete

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.