Peraturan & Pelanggaran dalam Bola Voli Yang Wajib Kalian Ketahui

Didalam olahraga bola voli ada banyak sekali hal yang perlu diketahui, salah satunya peraturan-peraturan yang perlu untuk diperhatikan. Dengan membiasakan mengetahui peraturan-peraturan yang ada dalam olahraga bola voli sejak dini, tentu ini akan membantu kamu untuk terbiasa bersikap professional. 

Peraturan dalam olahraga bola voli bukanlah ditentukan secara asal-asalan. Ada Organisasi olahraga bola voli khusus yang menetapkan dan mengawasi peraturan dalam olahraga bola voli, Organisasi olahlaga bola voli internasional disebut FIVB (Federation Internationale De Volleyball) sedangkan organsiasi bola voli Indonesia disebut PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

peraturan pelanggaran bola voli
peraturan pelanggaran bola voli
Sebelumnya blog ini sudah membahas beberapa artikel mengenai bola voli seperti sejarah voli internasional, sejarah olahraga bola voli di indonesia dan juga beberapa pengetahuan dasar mengenai olahraga bola voli seperti ukuran lebar lapangan, net dan juga tinggi tiang net yang terdapat didalam lapangan bola voli. 

Back to topic, jika pembaca ingin menjadi pemain bola voli internasional tentu pembaca harus mengetahui peraturan-peraturan bola voli. Karena jago main saja tidak cukup tapi harus juga mengetahui peraturan-peraturan bola voli agar terlihat seperti pemain bola voli profesional. Selengkapnya berikut peraturan dalam olahraga bola voli yang perlu diketahui.

Sistem Pertandingan dan Peraturan Bola Voli

  1. Sistem pertandingan memakai aturan setengah kompetisi mengikut sertakan 8 tim. Dari 8 tim tersebut akan dibagi menjadi 2 group, masing-masing grup ditempati 4 tim.
  2. Jumlah pemain yang didaftarkan saat pertandingan berlangsung maksimal 10 pemain dengan rincian 6 pemain sebagai starter 4 pemain sebagai cadangan.
    jumlah pemain maksimal 10 termasuk salah satu peraturan bola voli
    jumlah pemain maksimal 10 termasuk salah satu peraturan bola voli
  3. Saat pertandingan berlangsung, pelatih bebas mengganti pemain starter dengan pemain cadangan, harap dicatat tidak ada batasan pergantian pemain.
  4. Dalam sebuah petandingan bola voli, jumlah minimal pemain yang berlaga dilapangan adalah 4 pemain, jika sebuah tim berlaga dengan kurang dari 4 pemain, tim tersebut akan dianggap kalah.
  5. Sebuah pertandingan bola voli dianggap selesai jika sudah melewati babak 3. Akan tetapi jika babak 1 dan 2 dimenangkan oleh salah satu tim, tim tersebut akan dianggap menang jadi ronde ketiga tidak perlu dimainkan
  6. Pada sebuah pertandingan bola voli perhitungan rally maksimal adalah 25 poin.
  7. Apabila kedua tim mendapat poin akhir yang sama contoh 24-24, pertandingan akan terus dilakukan hingga ada sebuah tim yang unggul 2 poin, tim tersebut akan dianggap pemenang dari ronde tersebut.
  8. Tim akan mendapatkan nilai 1 apabila memenangkan permainan saat pertandingan penyisihan.
  9. Apabila ada dua tim atau lebih memperoleh nilai yang sama, maka panitia pertandingan akan menentukan pemenang juara group dan runner-up dari kualitas angka yang didapat dari setiap set pada pertandingan sebelumnya.
  10. Tiap pergantian babak, kedua tim yang bertanding diwajibkan untuk bertukar sisi lapangan. Khusus ronde 3, tim yang memperoleh nilai terendah bisa meminta wasit untuk melakukan pergantian sisi lapangan. Harap dicatat Hal ini hanya bisa dilakukan jika poin telah mencapai angka 13.
  11. Tim yang bertanding bisa meminta timeout, pada setiap ronde tim hanya boleh meminta 1 kali timeout. Sekali timeout dibatasi selama 1 menit.

Peraturan Penghitungan Angka

Selain bertugas sebagai pengadil dilapangan dan mengawasi jalannya pertandingan, wasit juga bertugas sebagai pengatur perolehan poin untuk tim yang betanding, berikut ini adalah peraturan perhitungan angka olahraga bola voli
  1. Jika tim lawan berhasil memasukan bola kedaerah pemainan kita, lawan akan mendapatkan tambahan poin.
  2. Tim yang mendapatkan poin wajib melakukan serve untuk memulai petandingan. Serve yang sah adalah serve yang melewati net dan melewati daerah tim lawan. Namun apabila bola yang di serve keluar lapangan, menyangkut di net atau tidak melewati daerah lawan, tim lawan lah yang mendapatkan poin.

Pelanggaran Bola Voli

Agar semakin lengkap alangkah baiknya jika pembaca juga mengerti tentang pelanggaran-pelanggaran yang dilarang dalam olahraga bola voli. Apabila seorang pemain melakukan pelanggaran berikut tentu akan berdampak negatif kepada sebuah tim. Pemain akan dianggap melakukan pelanggaran apabila melakukan:
  • Serve harus melewati garis lapangan bola voli.
    serve harus melewati garis lapangan agar tidak terjadi pelanggaran bola voli
    serve harus melewati garis lapangan agar tidak terjadi pelanggaran bola voli 
  • Pemain menyentuh garis tengah lapangan area lawan ketika pertandingan berlangsung.
  • Bola voli dipantulkan ke lantai lapangan.
  • Melempar atau menangkap bola voli.
  • Memantulkan bola lebih dari satu kali.
  • Bola telah keluar lapangan pertandingan akan tetapi belum menyentuh lantai lapangan namun masih diambil oleh rekan setim, bola ini belum dianggap out.
Itulah peraturan dan pelanggaran bola voli yang wajib kalian ketahui. Sebagai pemain bola voli yang baik, mengikuti aturan dan menghindari pelanggaran adalah hal yang wajib untuk dilakukan oleh seorang pemain. Terimakasih sudah membaca artikel ini jangan lupa untuk membaca artikel tentang olahraga bola voli yang tak kalah menarik lainnya, Salam olahraga!

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Peraturan & Pelanggaran dalam Bola Voli Yang Wajib Kalian Ketahui"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.