Ukuran dan Bahan Bola Basket Standar Internasional

Dalam olahraga bola basket, terdapat banyak sekali peraturan yang harus dipatuhi ketika bertanding. Ada peraturan dasar mengenai ukuran lapangan, jumlah pemain, pelanggaran dan sarana-sarana yang dibutuhkan ketika bermain basket seperti ukuran bola basket dan terbuat dari bahan apa bola basket itu?.

Pernahkah anda bertanya 'Berapa sih ukuran bola basket?' Rata-rata pembaca yang suka bermain basket pasti pernah memegang dan mendriblle bola tersebut akan tapi belum paham mengenai bola yang digunakan dalam olahraga basket tersebut. Sebelumnya kami sudah mengulas artikel-artikel mengenai bola basket seperti peraturan dasar bola basket dan juga ukuran lapangan basket.

ukuran dan bahan bola basket
Baca Juga:
15+ Peraturan Bola Basket Yang Wajib Diketahui

Sebagai pemain basket kalian perlu memahami beberapa pengetahuan dasar tersebut. Mengetahui ukuran bola basket tentu menjadi pengetahuan yang harus diketahui seorang pemain basket. Jika pembaca tidak mengetahui ukuran basket kurang afdol banget rasanya, masak iya suka megang basket tapi enggak tau ukurannya??. Berikut adalah ulasan kami mengenai ukuran bola basket serta terbuat dari bahan apa bola basket itu.

Ukuran Bola Basket

Ukuran bola basket memiliki ukuran standar, ukuran tersebut wajib digunakan pada kompetisi resmi bola basket.
  • Bahan bola basket tersbuat dari bahan karet yang mempunyai lapisan kulit
  • Berat bola basket sekitar 600-650 Gram
  • Ukuran bola basket adalah 75-78 Cm (keliling)
  • Tekanan bola basket 4,26-4,61 psi
  • Bola harus bisa melambung

Bahan Bola Basket

Banyak orang tahu kalau bola basket terbuat dari kulit Namun, ternyata ada 3 jenis bahan yang dapat digunakan untuk membuat bola basket. Faktor pemilihan bahan ini mempengaruhi faktor kenyamanan, kekuatan memantul, keras tidaknya dan kelicinan saat bola digunakan untuk mendrible. Berikut adalah 3 bahan yang sering digunakan untuk membuat bola basket:

1. Full Leather
bola basket dari full leather
Yang pertama adalah bola basket dari bahan full leather. Bola basket dari bahan full leather ini memang sangat bagus dan dari bahan kulit asli, tapi untuk harga memang lebih tinggi. Bola basket dengan full leather biasanya digunakan untuk pertandingan bola basket secara resmi. Walaupun jenis full leather ini sangat baik, tapi mimin rasa kurang pas di Indonesia. Karena faktor iklim tropis di Indonesia membuat bola basket full leather ini cepat mengelupas.

2. PU Leather
Bahan yang kedua adalah bola basket dari PU Leather. Bola dengan bahan PU Leather ini terbuat dari kulit sintetik. Bola dengan bahan PU Leather sangat cocok digunakan karena bola ini tidak begitu keras dan dapat digunakan di lapangan indoor maupun outdoor. Cek bola basket kalian apakah terbuat dari bahan ini?? Jawab di kolom komentar.
Baca Juga:
3. PVC
bola basket dari pvc
bola basket dari pvc
Yang terakhir adalah bola basket dengan bahan PVC atau biasa disebut kulit sintetik. Bola basket yang dihasilkan dari bahan ini meman agak sedikit lebih keras dibanding dengan bahan PU Leather. Namun, untuk harga bisa dibilang bola basket PVC lebih miring. Bola basket dengan bahan ini, mimin saranin untuk pemula yang sedang belajar bermain bola basket.

Itulah ulasan lengkap mengenai ukuran bola basket dan bahan pembuat bola basket yang wajib anda ketahui. Pemain yang baik pasti harus mengenal semua hal mengenai bola basket salah satunya ukuran bola basket. Terimakasih telah membaca artikel ini, jangan lupa share biar teman kamu juga tau mengenai ukuran bola basket standar internasional.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Ukuran dan Bahan Bola Basket Standar Internasional"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.