15+ Peraturan Bola Basket Yang Wajib Diketahui

Bola basket, olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak penggemar di Dunia. Bola basket pertama kali dimainkan pada tahun 1891 di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat.

Olahraga ini dimainkan oleh 2 tim dengan menyertakan 5 pemain. Sama dengan futsal, olahraga basket tergolong dalam kategori indoor yang juga disebut olahraga dalam ruangan. 

peraturan bola basket yang wajib diketahui
peraturan bola basket yang wajib diketahui
Baca Juga: 
5 Pesepakbola yang Meninggal Ketika Bertanding, Nomer 2 Kamu Gak Nyangka
Di Indonesia, olahraga ini berkembang ketika kedatangan pedagang Cina yang berjualan di Indonesia tepatnya pada tahun 1894. Tak heran jika klub-klub basket di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya dan Medan lahir dari sekolah-sekolah Cina

Permainan bola basket dimainkan selama 10 menit perbabak, dalam sebuah pertandingan bola basket terdapat 4 babak diantara babak tersebut terdapat masing-masing 2 menit waktu istirahat. 

Selain peraturan mengenai waktu pertandingan, ada pula beberapa peraturan-peraturan yang harus kalian ketahui. Nah untuk selengkapnya berikut peraturan yang ada dalam olahraga bola basket lengkap dengan penjelasannya.
  • Lebar lapangan: Lapangan basket berbentuk persegi panjang. Menurut peraturan FIBA lapangan basket berukuran panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter. Sementara itu lingkaran yang terletak di tengah lapangan berukuran 1,8 m (jari-jari).
    peraturan ukuran lapangan basket
  • Jumlah Pemain: Dalam sebuah tim basket terdapat 10 pemain, 5 sebagai starter atau pemain yang bermain dari awal pertandingan, 5 sisanya sebagai pemain cadangan.
    jumlah pemain basket
  • Waktu permainan: Waktu permainan basket 4x10 menit, perbabaknya menurut peraturan FIBA. Sedangkan di NBA waktu permainan basket 12 menit, dengan waktu istirahat selama 10 menit per babaknya.
  • Second violation: Pelanggaran yang dilakukan ketika pemain berada di ruang tembakan keras selama 3 detik
  • Back ball: Pelanggaran yang terjadi akibat pemain membawa bola ke daerah pertahanan setelah melewati garis tengah
  • Traveling/walking: Pelanggaran yang dilakukan karena berjalan lebih dari 2 langkah tanpa driblle bola
  • Double: Pelanggaran yang terjadi karena seorang pemain mendriblle bola kembali setelah berhenti melakukan dribble
  • Shot Clock Violation: Pelanggaran ketika melakukan serangan lebih dari 24 detik sebelum bola menyentuh ring. Jika bola menyentuh ring sebelum 24 detik berakhir. Shot Clock akan dikembalikan menjadi 24 detik. Jika bola kembali dipegang tim yang menyerang shotclock kembali ke 14 detik.
  • Second violation: Pelanggaran karena pemain membawa bola ke area pertahanannya sendiri lebih dari 8 detik
  • Jumping foul: Pelanggaran yang terjadi karena pemain mengurungkan niat menembak sambil lompat
  • Offensive foul: pelanggaran terjadi karena menabrak lawan yang sedang melakukan defense atau bertahan
  • Personal foul: momen dimana seorang pemain menghalangi lawan dengan cara bertahan yang salah. Jika seorang pemain melakukan 5 kali pelanggaran ini, pemain tersebut akan diusir keluar lapangan
  • Technical foul: sanksi ini akan diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran lainnya seperti mengumpat atau mengatakan hal kotor kepada lawan ataupun wasit
    aba-aba wasit basket
  • Unsportsmanlike foul: pelanggaran ini terjadi karena seorang pemain melakukan pelanggaran yang sangat keras kepada lawannya. Pemain yang menjadi korban akan diberikan tembakan bebas 2 kali dan lemparan kedalam.
  • Team foul: ini adalah suatu momen dimana total personal sebuah tim melakukan foul sebanyak 5 kali pada satu babak. Sanksi pelanggaran ini adalah tim lawan akan diberi tembakan bebas 2 kali dan lemparan kedalam
  • Pushing: pelanggaran akibat mendorong pemain lawan dengan sengaja
Lihat Juga:

Itulah peraturan bola basket dan jenis-jenis pelanggarannya. Sudah pahamkan? Kalau sudah paham jangan dilakukan ya, supaya tim kamu terhindar dari sanksi atau hukuman yang terjadi karena kesalahan. Semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian. Jadi pastikan kalian bermain bola basket dengan lebih sportif. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman kalian dan beri komentar artikel ini di bawa artikel.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "15+ Peraturan Bola Basket Yang Wajib Diketahui"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.