Penjelasan dan Cara Hitung Poin Fair Play pada Sepakbola

Belakangan ini poin fair play menjadi perbincangan hangat pecinta bola. Banyak penggemar sepakbola mendengar istilah poin fair play semenjak gagalnya senegal melaju ke babak 16 besar karena kalah poin fair play dari tim sepakbola asia terkuat saat ini yaitu jepang.
penjelasan dan cara hitung poin fair play sepak bola

Sebenarnya apakah poin fair play ini?

Umumnya apabila tim sepakbola memiliki poin yang sama, selisih gol akan menentukan siapa yang unggul, selain itu rekor head to head juga bisa bisa menjadi pembanding tim mana yang akan lolos ke babak 16 besar. Selain itu ada beberapa peraturan lain diantaranya:

  1. Jumlah poin terbanyak yang diraih 
  2. Selisih gol di semua pertandingan
  3. Jumlah gol yang dicetak
  4. Jumlah poin dari pertandingan antartim
  5. Selisih gol yang dimainkan secara head-to-ead antar tim
  6. Jumlah gol yang dicetak saat tim-tim yang memiliki poin sama bertanding
  7. Jumlah nilai fair play berdasarkan perolehan kartu kuning dan kartu merah
  8. Undian acak dari FIFA

Namun pada Seperti yang diketahui jepang dan senegal sama-sama memiliki 4 poin dari hasil 1 kali menang, 1 kali kalah dan 1 kali imbang. Selain itu jepang dan senegal sama-sama memasukan 4 gol tanpa kebobolan.

Rekor head-to-head jepang dan senegal juga berkahir imbang. Jika dilihat dari table klasemen kedua tim ini sama-sama kuat, karena itulah poin fair play digunakan untuk menentukan siapa yang lebih baik dan layak untuk melaju ke babak 16 besar.

Baca Juga:
Cara Paling Ampuh Menghilangkan Bau Kaki pada Sepatu Futsal
Sebuah tim akan dianggap kehilangan satu poin untuk satu kartu kuning. Sementara jika seorang pemain mendapat dua kartu kuning, tim akan mendapat nilai minus tiga. Lalu jika pemain mendapat kartu merah langsung, tim dikurangi lima poin.

Seperti yang diketahui jepang menerima 4 kartu dan senegal menerima 6 kartu kuning. Berhubung jepang menerima kartu kuning lebih banyak dari pada senegal. Jika dilihat dari jumlah perolehan kartu kuning maka jepang dianggap lebih unggul dan layak maju ke babak 16 besar.

Namun jika perolehan kartu kuning dan merah sama, tim yang mana yang lebih unggul akan ditentukan secara acak oleh fifa. Nah itulah penjelasan lengkap mengenai cara hitung poin fair play yang menjadi perbincangan hangat pecinta bola akhir-akhir ini, terimakasih sudah membaca jangan lupa share ya.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Penjelasan dan Cara Hitung Poin Fair Play pada Sepakbola"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.