Sejarah Lengkap Bulu Tangkis (Badminton) di Dunia

Olahraga bulu tangkis adalah suatu olahraga yang dimainkan menggunakan alat khusus yang dinamakan raket dan juga bola khusus bernama shuttlecock atau sering disebut kok dalam bahasa Indonesia. Olahraga ini merupakan salah satu cabang olahraga Indonesia yang selalu diandalkan pada pagelaran pentas olahraga asia dan juga dunia.

Tahukah kamu? Ternyata olahraga bulu tangkis atau juga bisa disebut badminton berasal dari Inggris. Negara yang dikenal dengan kompetisi sebakbola terbaik dunia ini merupakan tempat dimana olahraga butu tangkis lahir di dunia ini.
sejarah bulu tangkis di dunia
Semua bermula di kota Gloucester-shire, pada kota tersebut terdapat sebuah rumah yang merupakan saksi bisu terjadinya olahraga bulu tankis. Tak heran rasanya jika rumah itu diberinama Badminton house. Badminton house terletak 200 km dari ibu kota Inggris yaitu London.

Badminton house dimiliki oleh Duke of Beafourt, memiliki rumah ini bukan berarti dia merupakan penemu dari olahraga bulu tangkis, melainkan rumah ini merupakan tempat dimana olahraga bulu tangkis pertama kali dimainkan.
sosok duke of beaufort
sosok duke of beaufort
Setelah olahraga bulu tangkis lahir, perlahan olahraga ini mulai dikenal masyarakat sekitar. Seperti pepatah sedikit-demi sedikit lama-lama jadi bukit, akhirnya olahraga ini dikenal oleh anak-anak disana dengan sebutan Battledores dan Shuttlecocks.

Anak-anak pada masa itu memainkan bulu tangkis menggunakan dayung atau tongkat. Permainan ini awalnya bertujuan untuk menjaga kok tetap diatas udara dan mencegahnya jatuh ke tanah. 
penampakan badminton house
penampakan badminton house
Lihat Juga:
Inilah Hasil Drawing & Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2018
Pada pertengahan abad ke-18, Tentara Inggris yang mengkoloni asia mulai mengenalkan olahraga badminton ke Asia terutama di Cina, Jepang, dan Siam (Thailand). Thailand merupakan negara ASEAN Pertama yang mengenal olahraga badminton ini.

Olahraga kompetitif pertama dicetuskan oleh tentara Inggris yang bertugas di Pune, India. Mereka menambahkan jaring atau net kemudian memainkannya secara bersaingan. Karena dimainkan di pune, tentara Inggris menamakan olahraga ini Poona. Kalian juga bisa mendapatkan informasi mengenai sejarah bulu tangkis di Indonesia.

Lama-kelamaan akhirnya ada organisasi khusus yang bertugas sebagai penaung dari olahraga badminton di Dunia. Organisasi tersebut bernama Internasional Federasi Bulu tangkis disingkat IBF. Federasi ini berdiri pada tahun 1934 dengan beberapa negara peserta diantaranya Irlandia, Skotlandia, Inggris, Wales, Prancis, Selandia Baru, Denmark, Belanda dan Kanada.
logo bwf
Tepat pada 72 tahun usianya, federasi ini mengadakan pertemuan singkat yang diadakan di ibukota Spanyol yaitu Madrid pada September 2006. Pertemuan singkat tersebut membahas pergantian nama dari IBF menjadi WBF (World Badminton Federation), usulan tersebut ternyata disepakati oleh negara peserta, lalu nama WBF digunakan secara resmi hingga yang kita kenal sampai saat ini.

Baca Juga:

Itulah sejarah lengkap perkembangan bulu tangkis atau badminton yang kami bahas kali ini. Semoga postingan kali ini bisa membantu sobat sekalian untuk mengenal lebih jauh lagi tentang sejarah olahraga badminton dunia. Terimakasih sudah membaca, salam olahraga!

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Sejarah Lengkap Bulu Tangkis (Badminton) di Dunia"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.