4 Apparel Olahraga Asli Buatan Indonesia, Cintai Produk Lokal

Pernahkah kalian mendengar kata 'apparel'? Jika sobat merupakan penggemar olahraga baik itu sepakbola, futsal atau olahraga lainnya pasti pernah mendengar kata apparel

Sebenarnya Apasih apparel itu?
Apparel adalah sebutan yang sering digunakan untuk menjelaskan segala suatu yang berkaitan dengan baju, garmen dan pakaian. Sebenarnya istilah apparel bukan cuma ada di olahraga ya, di semua hal yang berhubungan dengan baju pasti pernah mendengar kata apparel.

Di Olahraga khususnya sepakbola, banyak banget apparel-apparel ternama dunia yang menyediakan jersey untuk klub sepakbola. Ada Adidas, Nike, Puma ada juga diadora dan mizuno.

daftar apparel olahraga buatan orang indonesia
daftar apparel olahraga buatan orang indonesia

Beberapa apparel yang penulis sebutkan memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya dalam urusan memproduksi jersey sepakbola. Tak heran banyak klub besar seperti Real Madrid (Nike), Manchester United (Adidas) dan Arsenal (Puma) tak ragu meneken kontrak dengan penyedia jerseynya. Kami juga pernah membahas mengenai perlengkapan wajib yang dimiliki anak futsal.

Ada enggak sih apparel olahraga buatan asli Indonesia? Pasti sebagian besar pembaca artikel ini bingung banget karena kebanyakan pecinta olahraga indonesia menggunakan apparel buatan luar negeri semisal Nike, adidas dan Puma.

Jawabannya ada, sudah ada sejak lama. Bahkan kualitas apparel made ini Indonesia ini nggak kalah bagus dengan pabrikan luar negeri. Ada juga yang mengira jika apparel buatan Indonesia ini buatan luar negeri karena desain dan brandnya tak kalah keren. Penasaran? Langsung aja yuk disimak.

Daftar 4 Apparel Asli Buatan Indonesia

1. Specs.

Nama apparel ini mungkin terlihat seperti produk luar, sang penulis pun juga sempat mengira specs buatan luar negeri, ternyata specs pabrikan asli Indonesia. pabrikan ini awalnya didirikan pada tahun 1994 di Jakarta, Indonesia. Specs kebanyakan memproduksi sepatu, tetapi specs juga memproduksi jersey dan perlengkapan olahraga lainnya.

Untuk memperlaris produknya specs seringkali mengontrak pemain ternama. Ada beberapa pemain sepakbola dan futsal ternama yang meneken kontrak bersama specs seperti Pemain Sriwijaya FC Adam Alis dan wonderkid futsal Indonesia Ardiansah Runtuboy.

produk sepatu futsal specs
produk sepatu futsal specs

Tak hanya bekerja sama dengan pemain sepakbola dan futsal. Specs juga bekerja sama dengan klub sepakbola indonesia, adalah persipura jayapura dan arema indonesia yang merupakan klub yang bekerja sama dengan spech. Ada juga Trengganu FA yang juga menggunakan produk spech.


2. League.

Penggemar Indonesia Super League atau yang sekarang berubah nama menjadi liga 1 pasti sering melihat jersey beremblem league. League berdiri pada tahun 2003 silam, sebelum membentuk apparel bernama 'League' PT Berca Sportindo Tangerang yang dulunya memproduksi sepatu Nike selama sekitar 12 tahun.

Atas pengalaman memproduksi produk olahraga selama puluhan tahun, produk-produk buatan league tak kalah keren loh dibandingkan apparel ternama dunia. Dari sisi harga produk buatan league lebih murah dan bersahabat banget dengan dompet sobat sekalian.

produk sepatu league
produk sepatu league

Tapi walaupun harganya murah bukan berarti kualitas produk buatan league kurang bagus ya. Saking bagusnya Produk buatan League, 2 klub besar tanah air seperti persib bandung dan persija jakarta tak ragu bekerjasama dengan league.

3. MBB.

Lain dengan kedua apparel sebelumnya, MBB bukan berdiri dari perusahaan ya. MBB Merupakan wujud kreatifitas dari supporter Persikabo kabupaten Bogor. Berawal dari kecintaan terhadap Persikabo Bogor, MMB berusaha menyediakan jersey untuk klub kesayangan berkat kreatifitasnya kini MMB tidak hanya membuatkan jersey untuk persikabo bogor melainkan juga memproduksi jersey untuk klub luar negeri.

produk jersey mbb
produk jersey mbb

selain mengikat kerjasama dengan klub, MMB juga mengikat kerjasama dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau yang sering disingkat PSSI. Baru-baru ini MBB juga mengikat kerjasama dengan pemain timnas indonesia yaitu Manahati Lestusen.


4. Sembada.

Hampir mirip dengan MMB, Sembada juga lahir berkat kreatifitas dari supporter PSS Sleman. Bermarkas di Sleman, Sembada ingin membantu klub kesayangan dalam menyediakan jersey berkualitas untuk digunakan pemain PSS Sleman. Walaupun sementara ini sembada hanya membuat jersey untuk pss sleman, tak menutup kemungkinan sembada juga bisa sukses seperti MBB.

contoh produk sembada jersey
contoh produk sembada jersey

Seberapa keren sih jerseynya? Pada voting yang dilakukan di Goal.com, Jersey berwarna hijau berwatermak elang jawa buatan Sembada berhasil memuncaki perolehan voting pada kategori Jersey Terbaik Goal Indonesia musim 2015/2016. Wow keren banget ya?


Itulah keempat apparel olahraga buatanindonesia yang kali ini dibahas. Mana apparel terkeren menurut agan-agan sekalian? Tulis di kolom komentar ya, jangan lupa share biar teman-teman bisa tau ada apparel olahraga indonesia yang tak kalah keren dengan apparel buatan luar negeri.  

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "4 Apparel Olahraga Asli Buatan Indonesia, Cintai Produk Lokal"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.