Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Maen Futsal WAJIB

Sebelum melakukan sesuatu pasti ada hal yang harus dipersiapkan, begitu juga sebelum bermain futsal. Mengingat olahraga futsal lumayan berat (masih lebih berat angkat beban ya hehe) stamina yang prima adalah salah satu syarat seorang pemain futsal untuk bermain dengan baik.

Walaupun cuma latihan atau sparring, persiapan juga harus dilakukan ya. Walaupun tergolong sepele, persiapan juga bisa mengakibatkan cedera yang parah seperti sang penulis yang menderita syaraf kecepit karena selalu mengabaikan pemanasan.

Seperti judul diatas, kali ini saya akan membahas mengenai persiapan sebelum bermain futsal, mengingat futsal dan sepakbola mirip jadi tidak ada salahnya apabila pembaca ingin melakukan persiapan berikut sebelum bermain sepakbola.

persiapan wajib sebelum maen futsal
persiapan wajib sebelum maen futsal
'Apa saja sih persiapan yang harus dilakukan sebelum bermain futsal?' berikut ulasannya.

Persiapan Fisik

Saya rasa fisik merupakan syarat terpenting dalam berolahraga baik itu olahraga berat maupun ringan. Apalagi olahraga futsal yang menganut permainan cepat, jika fisik tidak kuat bisa-bisa kamu tidak akan kuat bermain lama. Bagaimana cara menyiapkan fisik sebelum bermain futsal? Simak beberapa point berikut

1. Pastikan Makan 2 Jam sebelum Bertanding
Alangkah baiknya jika sobat sekalian mengkonsumsi makanan 2 jam sebelum bertanding. Mengapa demikian? Karena jika makan terlebih dahulu, asupan energi akan meningkat. Alangkah baiknya lagi jika sobat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan karbohidrat yang tinggi.

2. Makanlah Makanan yang Berserat
Kenapa harus berserat? Karena sistem metabolisme dapat mencerna makanan berserat secara cepat. Jika sobat memakan makanan yang susah dicerna, tentu kamu akan mengalami rasa tidak nyaman diperut ketika bertanding. Saran saya makanlah pisang, pisang merupakan makanan berserat yang mudah dicerna.

3. Jauhi Minuman Berenergi
Saya rasa setiap pelatih futsal pasti melarang pemainnya meminum-minuman berenergi. Karena minuman berenergi mengandung kafein yang tinggi, kafein dapat mengakibatkan jantung berdetak kencang yang akan berdampak terlalu cepat kelelahan.

4. Lakukan Pemanasan
Pemanasan memang terlihat sepele, akan tetapi jika kamu mengabaikan pemanasan, kamu akan bisa mengalami cedera. Penulis sendiri sempat menderita syaraf kecepit di tulang ekor karena sering mengabaikan pemanasan. Saran dari penulis jangan sampai abaikan pemanasan sebelum bermain futsal ya.
Lihat Juga:

Persiapan Mental 

Persiapan bukan cuma dilakukan di fisik saja ya, mental juga harus dipersiapkan. 'mengapa demikian?' Karena mental sangat berpengaruh ketika seseorang menghadapi tantangan. Jika mental kurang kuat, sudah pasti dia akan mengalami kekalahan. Untuk mempersiapkan mental, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut:

1. Persiapkan fisik dengan sungguh-sungguh karena fisik yang kuat pasti juga memiliki mental yang kuat.

2. Alihkan Pikiran
Semakin kepikiran pasti akan menjadi beban. Karena beban inilah seorang pemain futsal pasti bermain buruk, maka dari itu alihkanlah pikiran kamu sebelum bermain futsal, bagaimana caranya? dengarkanlah musik atau bercandalah dengan rekan setim.

Saya kira itulah beberapa persiapan sebelum bermain futsal yang harus dilakukan pemain futsal. Jangan lupa juga untuk jaga sikap ya, bukan cuma skill yang dinilai tapi sikap dilapangan Juga menjadi cerminan seberapa bagusnya kamu bermain di lapangan. Stalking terus blog ini untuk mendapatkan tips-tips mengenai futsal yang tak kalah menarik lainya.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Maen Futsal WAJIB"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.