Sejarah Olahraga Bola Internasional Voli Paling Lengkap. Simak Disini

Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang menyertakan 6 pemain. Olahraga voli biasanya dimainkan Indoor atau didalam ruangan sama seperti futsal, namun ada juga olahraga voli yang dimainkan di pantai seperti yang terjadi di olahraga Voli pantai, bedanya voli pantai dimainkan oleh 2 tim dengan 2 pemain. 

sejarah lengkap bola voli
sejarah lengkap bola voli

Kapan Olahraga Bola Voli Ditemukan?

Olahraga bola voli bukanlah olahraga yang baru, pasalnya olahraga ini ditemukan sejak tahun 1895 silam oleh William G. Morgan yang merupakan seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) di YMCA yang terletak di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). 
william g morgan penemu olahraga bola voli
william g morgan penemu olahraga bola voli

YMCA adalah singkatan dari Young Men’s Christian Association, organisasi ini merupakan organisasi yang didirikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. 

Awal Mula Ditemukan Olahraga Bola Voli?

Pada organisasi ini William G Morgan bertemu dengan James Naismith yang merupakan pencipta olahraga bola basket. Ada kesamaan antara Morgan, kesamaan tersebut adalah mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. Setelah pertemuan tersebut William G Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette

Mintonette adalah permainan yang tercipta dengan menggabungkan empat macam karakter olahraga menjadi 1, Olahraga yang digabungkan adalah bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan (handball). Mintonette merupakan cikal bakal terlahirnya olahraga bola voli.

sejarah bola voli di dunia
sejarah bola voli di dunia
Pada tahun 1896 Mintonette berganti nama menjadi bola voli, nama inilah yang kita kenal sampai saat ini. William G. Morgan selaku penemu olahraga bola voli ditugaskan oleh Dr. Luther Halsey Gulick yang kala itu menjabat sebagai Direktur the Professional Physical Education Training School untuk mempraktekkan olahraga ini pada konferensi yang dilaksanakan di Kampus YMCA. 

Pada Konferensi yang dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani YMCA tersebut, William G. Morgan menjelaskan bahwa bola voli bisa dimainkan di dalam ruangan dan luar ruangan yang bisa dimainkan oleh banyak pemain. Tujuan dari permainan bola voli tersebut adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain (wilayah lawan). 

Kapan Turnamen Pertama Bola Voli Diadakan?

Beberapa tahun berlalu olahraga voli makin hari makin dikenal, hingga YMCA yang merupakan tempat William G. Morgan bekerja mengadakan turnamen bola voli pertama di Dunia yang diselengarakan pada tahun 1922. 

Setelah 7 tahun berselang tepatnya 1929, Organisasi bola voli nasional Amerika serikat didirikan. Organisasi tersebut didirikan sekaligus dipimpin oleh George J. Fisher. Sejak momen tersebut olahraga bola voli mendunia, olahraga tersebut mulai dikenal di beberapa negara lainnya yaitu Uni Soviet, Rumania, Jepang, dan Pakistan. Pada Tahun 1961, Pakistan mengadakan turnamen bola voli internasional pertama di dunia. Kompetisi tersebut dinamai Morgan cup turnamen, alasan Pakistan menamai turnamen tersebut menggunakan nama William G. Morgan adalah untuk menghargai William G. Morgan sebagai penemu olahraga ini.

Sejarah Peraturan Mintonette dan Voli

Mintonette

Pada awal kemunculannya, William G. Morgan juga membuat peraturan mintonette. William G morgan membuat sebuah jaring dengan tinggi 1,98 meter yang dipasang di tengah lapangan, lapangan tersebut berukuran 7,6 meter x 15,2 meter. Permainan tersebut dimainkan dengan durasi setiap satu kali pertandingan terdiri dari 9 sesi dengan 3 kali servis yang dilakukan oleh masing-masing tim di setiap sesinya.

Bola Voli

Selama perkembangannya olahraga bola voli telah mengalami banyak perubahan, salah satu perubahan yang sangat mencolok adalah peraturannya yang terus mengalami revisi, berikut ini adalah peraturan bola voli modern yang digunakan sampai saat ini. - Ukuran Lapangan: 9 meter x 18 meter dengan garis tepi lapangan berukuran 5 cm - Bola voli berukuran bulat dengan diameter 65-67 cm dan berat 260-280 gram - Jumlah pemain dalam 1 Tim adalah 6 termasuk libero - Setiap pemain wajib mengenakan jersey dengan nomor didada, celana pendek dengan nomor pada paha kanan dan menggunakan kaus kaki serta sepatu.

Demikian artikel mengenai sejarah olahraga bola voli internasional yang kami bahas kali ini. Semoga bisa membantu sobat sekalian mengenal sejarah bola voli dari awal kemunculannya hingga saat ini. Terimakasih sudah membaca, salam olahraga!

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Sejarah Olahraga Bola Internasional Voli Paling Lengkap. Simak Disini"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.