6+ Cara Bermain Polo Air yang Baik dan Benar

Seperti diketahui ada banyak sekali jenis olahraga di dunia ini. Ada sepakbola, futsal, bulutangkis, basket dan olahraga yang dilakukan di air seperti renang serta yang dilakukan diatas udara seperti terjun payung. Dari sebagian besar olahraga tersebut sudah pasti kalian pernah melihat atau bahkan pernah mencobanya.

Setiap olahraga memiliki permainan yang berbeda-beda, ada yang mirip bahkan ada juga yang menkombinasikan beberapa cabang olahraga dalam permainannya. Contoh olahraga yang menkombinasikan beberapa cabor lain adalah polo air.
cara bermain polo yang baik dan benar
cara bermain polo yang baik dan benar
Sesuai namanya polo air merupakan olahraga yang termasuk olahraga air, olahraga polo air menkombinasikan olahraga renang, gulat, sepakbola dan basket. Wah menarik sekali bukan? Peraturan permainan ini mirip sekali dengan sepakbola dimana tim yang mencetak gol paling banyak, dialah yang dianggap pemenang.

Di indonesia, olahraga polo air sudah ada sejak tahun 1948, bahkan olahraga polo air sudah dipertandingkan pada PON pertama 1948. Olahraga polo air diikut sertakan pada beberapa even olahraga internasional seperti SEA Games, Asian Games dan Olimpiade.

Pada asian games 2018 yang diadakan di Indonesia, polo air termasuk sebagai cabang olahraga yang di ikut sertakan pada ajang olahraga terbesar di asia ini.

Sesuai judulnya, bahasan postingan kali ini adalah cara bermain polo air yang baik dan benar sesuai peraturan internasional. Penasaran kira-kira bagaimana cara bermain polo air? Silahkan simak tutorialnya berikut ini.
olahraga polo air
olahraga polo air

Cara Bermain Polo Air yang Baik dan Benar

1. Permulaan

Sebelum babak permainan dimulai, para pemain harus berada di depan garis gawan dan jarak antar pemain minimal 1 meter. Gawang hanya boleh dijaga 1 pemain saja, laga baru boleh di mulai setelah wasit meniup peluit.
Biasanya wasit akan melemparkan bola ke atas lapangan permainan dan pemain yang akan berlaga harus memperebutkan bola situasi ini mirip sekali seperti ketika permainan basket dimulai.

2. Gol

Sama halnya dalam sepakbola, pada olahraga polo air juga terdapat gol. Gol dalam olahraga polo air adalah suatu kondisi dimana bola sudah melewati garis gawang dan juga tiang gawang.
Setelah terjadi gol, tim yanh kebobolan harus memulai laga, cara memulai pertandingan polo air seperti langkah memulai pertandingan. Semua pemain harus siap berada pada posisinya masing-masing seperti saat memulai laga.

3. Lemparan Gawang

Lemparan gawang adalah suatu momen dimana seorang kiper harus melempar bola ke arah rekan setim. Lemparan ke gawang dilakukan jika bola yang dilempar lawan melewati garis gawang disisi kanan dan kiri gawang (bukan garis di dalam gawang). Situasi ini mirip sekali dengan tendangan gawang pada olahraga sepakbola.
cabang olahraga polo air
cabang olahraga polo air
Baca Juga:
Sejarah & Perkembangan Sepak Takraw Paling Lengkap!

4. Lemparan Penjuru

Lemparan penjuru adalah sebuah gerakan melempar yang dilakukan dari sudut area permainan lawan. Lemparan penjuru dilakukan apabila bola yang tersentuh pemain bertahan melewati garis gawang dan penjaga gawang mengambil bola yang baru dilempar sendiri sebelum bola tersebut disentuh disentuh pemain lain.

5. Lemparan bebas

Lemparan bebas adalah suatu momen dimana sebuah tim akan diberikan lemparan tanpa hadangan lawan. Lemparan bebas akan diberikan kepada tim yang dilanggar oleh lawan atau tim lawan melakukan kesalahan-kesalahan.
Bola yang berawal dari lemparan bebas boleh dioper ke rekan setim, boleh juga untuk ditembakan secara langsung ke gawang lawan dengan tujuan mencetak angka / gol.

6. Lemparan Wasit

Lemparan wasit pada olahraga polo air sama halnya pada olahraga basket. Lemparan wasit biasanya dilakukan jika permainan diberhentikan karena terjadi benturan antar pemain yang mengakibatkan cedera dan kondisi lainnya.

7. Bola Keluar

Bola akan dianggap keluar lapangan apabola bola sudah melewati garis lapangan. Setelah bola keluar, hal yang perlu dilakukan adalah melakukan lemparan bebas, lemparan bebas biasanya diberikan pada tim yang lawannya mengakibatkan keluarnya bola.
Lihat Juga:
Larangan atau Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Kiper Futsal
Bagaimana? Sudah mengerti kan tatacara bermain polo air yang baik dan benar sesuai dengan peraturan? Jika masih dirasa ada yang susah untuk dimengerti silahkan tulis pertanyaan sobat sekalian di kolom komentar.

Demikian pembahasan mengenai langkah-langkah atau cara bermain polo air yang benar sesuai dengan peraturan polo air yang ditetapkan oleh organisasi polo air dunia, terimakasih sudah membaca, sempatkan juga untuk membaca beberapa artikel yang tak kalah menarik lainnya.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "6+ Cara Bermain Polo Air yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.