Biodata, Perjalanan Karier Wolfgang Pikal, Pelatih Persebaya

Banyak yang ingin tau tentang biodata, profil dan juga perjalanan karier Dar Wolfgang Pikal. Pasalnya kini dia ditugaskan untuk menukangi Persebaya Surabaya yang berlaga di liga 1.

Berbicara tentang Wolfgang Pikal, pastinya sosok yang identik dengan Timnas Indonesia ini sudah tidak asing lagi. Pasalnya Wolfgang Pikal sempat menjabat sebagai asisten pelatih timnas Garuda senior di era kepelatihan Alfred Riedl.

Wolfgang Pikal lahir di kota Wina, Austria. Dia lahir pada 1 November 1967. Dia memiliki status kewarganegaraan Austria, sesuai dengan tanah kelahirannya.

Wolfgang Pikal mengawali kariernya sebagai pemain sepakbola. Dia sempat berlaga untuk klub SR Donaufeld Wien yang berkompetisi di liga 3 Austria.
biodata wolfgang pikal
biodata wolfgang pikal
Sayangnya Wolfgang Pikal harus pensiun dari dunia sepakbola pada usianya yang masih muda sekali. Dia mengalami cedera patah engkel yang membuatnya harus pensiun dini dari dunia sepakbola.

Setelah memutuskan untuk pensiun dari sepakbola, Pikal muda memutuskan untuk mengelilingi dunia hingga akhirnya berlabuh di Bali. Di pulau Dewata, dia menemukan tambatan hatinya yang kini menjadi istrinya.

Wolfgang Pikal 10 tahun tidak berhubungan dengan sepakbola. Namun semuanya berubah ketika dia bertemu dengan pelatih Perseden Denpasar yang menyarankan dia kembali ke dunia bola.

Kala itu Wolfgang Pikal mulai menekuni kepelatihan sepakbola. Dia lalu mengomandoi beberapa klub lokal yang ada di Denpasar hingga akhirnya dia memutuskan untuk menimba ilmu di akademi pelatih Eropa.
profil lengkap wolfgang pikal
profil lengkap wolfgang pikal

Baca Juga: Biodata, Profil dan Perjalanan Karier Damian Lizio

Hingga artikel ini ditulis, Wolfgang Pikal sudah mengantongi lisensi kepelatihan UEFA B, Lisensi FA, dan KNVB Belanda. Lalu dia memulai untuk menjadi asisten di beberapa klub dan timnas Indonesia.

Puncak kesuksesan karier kepelatihan Wolfgang Pikal adalah saat menjadi asisten pelatih timnas. Kala itu dia membantu Alfred Riedl untuk mempersembahkan 2 gelar Runner up piala AFF 2010 dan 2016.

Kini Wolfgang Pikal ditugaskan menjadi pelatih Persebaya Surabaya. Lebih lengkapnya lagi, kalian bisa menyimak biodata dan perjalan karier Wolfgang Pikal seperti berikut ini:

Profil Wolfang Pikal


  • Nama lengkap: Wolfgang Pikal
  • Tempat lahir: Wina Austria
  • Tanggal lahir: 1 November 1967
  • Usia: 52 tahun
  • Pekerjaan: pelatih sepakbola

Baca Juga: Biodata dan Perjalanan Karier Manuchekhr Dzhalilov

Perjalanan Karier


  1. Sebagai pemain sepakbola: (1989) SR Donaufeld Wien
  2. Sebagai Pelatih Sepakbola: (2010-2011) asisten pelatih Indonesia, (2011-2012) asisten pelatih Arema Indonesia, (2014-2016) asisten pelatih Indonesia, (2019) Persebaya Surabaya

Demikian bahasan tentang biodata wolfgang pikal beserta perjalanan karir yang pernah dilakukan. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Biodata, Perjalanan Karier Wolfgang Pikal, Pelatih Persebaya"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.