4 Jenis Lapangan Futsal, Anak Futsal Harus Tau!

Apa sih futsal itu? Futsal adalah permainan yang mirip dengan sepakbola, bedanya futsal dimainkan dilapangan yang lebih kecil dan jumlah pemain lebih sedikit ketimbang sepakbola. Walaupun punya perbedaan, futsal juga punya banyak persamaan dengan sepakbola. Sehingga bisa dibilang futsal adalah versi terapan dari sepakbola. 

Ternyata eh ternyata semua dimulai ketika Juan Carlos Ceriani (penemu olahraga futsal) memindahkan tempat latihan ke lapangan indoor karena cuaca yang kurang bersahabat. Semenjak evolusi bola ala Juan Carlos Ceriani dimulai, berbagai pengembangan arena futsal pun mulai dilakukan sehingga banyaklah ide-ide menarik mengenai lapangan futsal yang digunakan pada saat ini. 

jenis lapangan futsal yang harus diketahui
jenis lapangan futsal yang harus diketahui
Lapangan futsal awalnya hanya menggunakan papan kayu yang mirip dengan lapangan basket indoor. Selain terbuat dari papan kayu ada juga jenis-jenis lapangan futsal yang sering digunakan. Sementara itu mengenai ukuran, jelas ukuran lapangan futsal lebih kecil dibandingkan lapangan sepakbola. ukuran lapangan futsal Internasional adalah panjang 38-42m dan lebar 18-25m, ukuran inilah yang menjadi patokan standar lapangan futsal kelas internasional. Kami juga sudah pernah membahas mengenai 5 perbeedan dasar futsal dan sepak bola.

Ada berapa jenis sih lapangan futsal itu? Nah buat sobat yang penasaran mengenai jenis-jenis lapangan futsal, artikel ini bakal membantu kalian mengenal jenis-jenis lapangan futsal.

4 Jenis Lapangan Futsal yang Harus Diketahui

1. Vinyl

jenis lapangan futsal vinyl
jenis lapangan futsal vinyl
Lapangan futsal jenis vinyl ini terbuat dari material utama berbahan lapisan karet. Lapangan Vinyl memiliki tingkat kerataan yang bagus, selain itu tekstur lapangan vinyl sangat empuk sehingga sangat ramah lingkungan banget buat kiper. Lapangan berjenis vinyl sangat bagus untuk aliran bola dan juga pemain. Dibalik beberapa hal positifnya ada hal negatif dari lapangan vinyl, lapangan jenis vinyl rentan menggelupas digunakan dalam rentang waktu yang cukup lama.

2. Rumput Sintetis

jenis lapangan futsal rumput sintetis
jenis lapangan futsal rumput sintetis
Material rumput sintetis biasanya hanya digunakan untuk indoor soccer atau hanya untuk hiburan semata, Lapangan futsal berjenis rumput sintetis tidak digunakan untuk kompetisi resmi. kelebihan menggunakan jenis rumput sintetis adalah mudahnya mengontrol bola dan meminimalisir cedera saat ada pemain yang terjatuh. Walaupun bisa meminimalisir cedera, rumput sintetis bisa saja membuat pemain terkena luka, mengingat ujung dari rumput sintetis sedikit lebih tajam jika dibandingkan rumput alami.
Baca Juga: 5 Tips Memilih Sepatu Futsal yang WAJIB Kamu Lakukan!

3. Semen

jenis lapangan futsal semen
jenis lapangan futsal semen
Lapangan futsal bermaterial semen sudah tidak asing lagi mengingat banyak sekali jasa sewa lapangan futsal yang menyediakan lapangan futsal bermaterialkan semen. Kenapa ya kok semen sering digunakan oleh jasa sewa lapangan futsal? Karena lapangan futsal terbuat dari semen memiliki tingkat kerataan yang baik, dan biayanya yang lebih murah.

4. Parquette

jenis lapangan futsal parquette
jenis lapangan futsal parquette
Apasih Parquette itu? parquette adalah kayu, sejak dulu kayu digunakan untuk menjadi alas lapangan di gelanggang olahraga atau sering disingkat GOR. Salah satu dampak positif penggunaan kayu pada lapangan futsal adalah kekesatannya yang tinggi, jadi kemungkinan pemain terjatuh karena terpeleset sangat kecil. Dibalik sisi positifnya, lapangan bermaterialkan parquette ini membutuhkan perawatan yang bagus, jika lapangan kurang terawat maka akan muncul sambungan yang menggelupas, sebab sambungan yang mengelupas inilah keselamatan pemain jadi terancam.
Baca Juga: 4 Skill Dasar Yang Wajib Dimiliki Pemain Futsal!

Itulah kiranya jenis-jenis lapangan futsal yang harus kamu ketahui. Buat kamu yang bingung memilih lapangan futsal yang bagus, semoga artikel ini bisa membantu kamu ya. Akhir kata saya ucapkan terimakasih sudah membaca artikel ini. Saya sangat berterima kasih apabila kalian mau membagikan artikel ini.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "4 Jenis Lapangan Futsal, Anak Futsal Harus Tau!"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.