Sejarah & Perkembangan Sepak Takraw Paling Lengkap!

Olahraga sepak takraw, mungkin pembaca sudah kenal betul dengan olahraga kecil yang dimainkan oleh 2 tim dengan masing tim diperkuat 3 pemain ini. Olahraga ini memang sangat seru untuk dimainkan, kamu bisa oper-mengoper, sundul menyundul hingga melakukan tendangan salto.

Nama sepak takraw diambil dari kata melayu yang terdiri dari kata sepak yang berarti menendang dan kata takraw yang diambil dari bahasa Thailand yang berarti anyaman. Penggunaan nama ini merupakan hasil dari kesepakatan Malaysia dan Thailand yang merupakan tempat dimana olahraga ini berasal.
sejarah sepak takraw
Olahraga sepak takraw ternyata mulai muncul pada abad 15 tepatnya pada tahun 1459 - 1477. Pada awal kemunculannya, olahraga ini bernama sepak raga.

Sejarah sepak takraw bermula ketika masa pemerintahan kerajaan Melaka dipimpin oleh Sultan Mansur Shah. Pada kala itu Sultan Mansur Shah dan putranya yang bernama Raja Muhammad tubuhnya terkena bola rotan yang dimainkan Tun Besar secara tidak sengaja ketika permainan sepak raga berlangsung.
sultan mansur shah - perkebangan sepak takraw
Bola rotan tersebut mengenai penutup kepala dari Raja Muhammad, penutup kepala tersebut kemudian jatuh ke tanah. Hal tersebutlah yang membuat Raja Muhammad semakin marah yang berujung pada tewas nya Tun Besar akibat ditikam oleh Raja Muhammad.

Karena tak terima Tun Besar dibunuh oleh Raja Muhammad, beberapa saudara dari Tun Besar mencoba untuk membalas dendam dengan berupaya membunuh Raja Muhammad. Sayangnya usaha balas dendam tersebut berhasil digagalkan oleh Tun Perak.

Karena menganggap anaknya kejam, Sultan Mansur Shah memutuskan untuk mengusir Raja Muhammad dari kerajaan dan mengangkat Raja Muhammad sebagai pengusaha di Pahang.

Sejarah Sepak Takraw tidak hanya bermula dan berkembang di Melayu saja, sepak takraw juga berkembang di Negeri Gajah Putih yaitu Thailand. Sejarah sepak takraw di negara Thailand bermula di kota Wat Phra Kaeo. Di kota tersebut terdapat sebuah bangunan yang sejak lama di dirikan pada tahun 1785 dengan menggambarkan dewa Hindu.

Saat itu ada Hanuman yang sedang bemain takraw dengan sekumpulan kera lainnya. Tak hanya itu, ada juga versi lain dari sejarah takraw di Thailand yang mengatakan jika sejarah takraw bermula sejak pemerintahan Raja Naresuan yang memerintah pada kurun waktu 1590 hingga tahun 1605.

Pada tahun 1866 pertama kalinya peraturan olahraga sepak takraw ditetapkan oleh Asosisasi Olahraga Malaysia. Setelah itu sepak takraw pun terus berkembang hingga akhirnya melewati berbagai revisi pada peraturannya.

Sejarah Sepak Takraw Internasional

Permainan sepak takraw mulai dipertandingkan pada ajang olahraga. Seperi pada ajang Southeast Asia Peninsulars Games atau yang sering disingkat SEAPG yang diadakan 2 tahun sekali. Awalnya pesta olahraga ini hanya diikuti oleh Laos, Thailand, Malaysia dan Singapura. Seiring bertambahnya waktu, Indonesia, Filipina dan Brunei Darussalam ikut serta menyemarakkan acara olahraga ini.
ajang sepak takraw di asean games
Setelah cukup lama dikenal dengan nama SEAPG, akhirnya pesta olahraga asia tenggara ini berganti nama menjadi SEA Games (Southeast Asian Games) seperti yang kita kenal saat ini.

Setelah menjadi cabor resmi SEA Games, lama-kelamaan olahraga sepak takraw pun semakin dikenal. Terbukti dengan banyaknya kompetisi sepak takraw resmi yang diselenggarakan. Ada beberapa kompetisi takraw resmi yang diselenggarakan diantaranya World Woman Sepak Takraw Championship, King’s Cup Thailand, Merdeka Games, World Youth Sepak Takraw Championship, Anniversary Cup dan POM Asia Tenggara.

Sejarah Takraw di Indonesia

Sepak takraw dikenal sebagai olahraga tradisional yang dulunya terkenal dengan nama sepak raga. Olahraga sepak takraw dikembangkan pada beberapa provinsi diantaranya Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Sulawesi Selatan.

Pada awal kemunculannya, olahraga sepak raga hanya dimainkan oleh kalangan bangsawan saja. Lama-kelamaan olahraga ini menyebar ke semua golongan masyarakat. Biasanya olahraga ini dilakukan sebagai hiburan penghilang rasa bosan.

Baca Juga:

Sudah pahamkan sejarah sepak takraw lengkap dari awal kemunculannya hingga perkembangannya di dunia internasional dan juga Indonesia? Supaya teman-teman kamu juga paham silahkan share ke media sosial ya. Jangan lupa untuk terus stalking blog ini untuk mendapatkan artikel yang tak kalah menarik lainnya. Terimakasih sudah membaca, Salam olahraga!

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Sejarah & Perkembangan Sepak Takraw Paling Lengkap!"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.