5 Skill yang Wajib Dimiliki Pivot Futsal

foto skill pivot futsal terbaik di dunia

Ngomongin Pivot, pemain ini menjadi pemain terdepan dalam formasi. Sama halnya striker dalam sepakbola, Pivot berperan sebagai tukang gedor yang dituntut untuk menyelesaikan peluang agar menjadi gol.

Selain bertugas untuk mencetak gol, pivot juga bisa bertugas sebagai pengendali permainan. Pivot bukan cuma ditugaskan untuk menyerang, pivot juga ditugaskan Sebagai peredam serangan lawan sebelum masuk ke area pertahanan sendiri.

Biasanya Seorang Pivot memiliki badan yang kokoh, kalo di Indonesia kamu bisa lihat Pivot Timnas Futsal Indonesia yaitu Syahidan Lubis dan Andri Kustiawan. Selain harus memiliki body Kokoh atau kuat, ada juga beberapa skill yang harus dimiliki pivot futsal. Apa saja? Mari disimak ulasannya.

1. Penguasaan Bola Kuat

Menjadi pivot tidak harus memiliki postur tinggi besar, karena yang dibutuhkan adalah penguasaan bola yang bagus. Mengingat pivot selalu mendapat hadangan dari lawan, seorang pivot wajib sekali memiliki penguasaan bola yang kuat agar bola tidak mudah direbut lawan.

2. Antisipasi Cepat

Seorang Pivot Berposisi paling depan dalam sebuah formasi futsal, jadi enggak heran rasanya jika pivot menjadi salah satu sentral serangan dalam futsal. Mereka bisa menciptakan peluang sendiri, maupun untuk rekannya. Antisipasi cepat wajib banget untuk seorang pivot, terutama untuk membaca operan yang datang, dan menyambut operan terobosan atau rebound agar bisa mencetak gol.

3. Akurasi Tepat

Sama halnya posisi striker dalam sepakbola, pivot dituntut untuk mencetak banyak gol dalam sebuah pertandingan. Bagaimana agar menjadi pivot subur? Selain dengan melatih agar bisa membuat keputusan cepat, pivot harus memiliki tingkat konversi gol yang bagus. Tak hanya itu akurasi passing juga sangat dibutuhkan agar bisa membuat peluang untuk rekan tim.

4. Pergerakan Cepat

Berhubung futsal merupakan salah satu olahraga dengan tempo permainan yang cepat. Seorang pivot juga harus memiliki pergerakan cepat, baik itu dengan bola maupun tanpa bola. Tujuannya agar bisa dengan mudah membuka ruang di pertahanan lawan.

5. Kontrol Bola Bagus

Hal mendasar yang sayang banget untuk diabaikan, seorang pivot wajib banget memiliki kontrol bola yang bagus. Sangat disarankan untuk mengontrol bola menggunakan outsole atau bagian bawah (telapak) sepatu. Karena jika mengontrol bola menggunakan outsole bola akan tidak mudah direbut lawan

Demikian 5 Hal yang harus dimiliki seorang pivot dalam futsal. Buat kalian yang pengen jadi pivot haus gol, terus berlatih dan jangan lupa untuk memiliki beberapa hal yang sudah dibahas diatas ya.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "5 Skill yang Wajib Dimiliki Pivot Futsal"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.