Mengenal Istilah Jumlah Gol dalam Sepakbola dan Futsal

penjelasan Brace, Hattrick, Quattrick, Quintrick, Double Hattrick

Apa itu Brace? Hattrick? Quattrick? Quintrick? Double Hattrick? Kata ini sering banget diucapkan oleh komentator sepakbola. Pecinta bola pasti tidak asing lagi dengan kata ini. Biasanya kata ini sering sekali diucapkan setelah pemain mencetak Gol.

Contohnya pada Laga Lanjutan Go-jek Traveloka Liga 1 Persib Bandung VS Persegres Gresik United yang berlangsung minggu malam (20/8), waktu itu sang komentator berkata 'Raphael maitimo berhasil mencetak Hattrick pada laga ini Bung'

Apa ya arti Hattrick itu? Hattick adalah suatu momen dimana seorang pemain sepakbola mencetak tiga gol dalam 1 laga. Pada laga Persib vs Persegres yang berkesudahan 6-0 tersebut, Raphael Maitimo mencetak 3 Gol, jadi sang komentator Berkata 'Maitimo Mencetak Hattrick'.

Istilah Brace, Hattrick, Quattrick, Quintrick dan Double Hattrick tidak hanya berlaku pada sepakbola. Pada Futsal pun istilah tersebut berarti sama seperti halnya dalam sepakbola.

Selain Hattick ada juga beberapa istilah atau sebutan-sebutan yang biasanya dikatakan ketika seorang pemain bisa mencetak banyak gol dalam satu pertandingan, Selengkapnya berikut ulasannya, Anak Bola dan Futsal wajib Paham!

1. Brace

Brace biasanya tdikatakan ketika seorang pemain berhasil mencetak 2 Gol dalam 1 Laga. Brace sering kali terjadi karena levelnya tidak terlalu sulit dibandingkan hattrick, quintrick dan double hattrik. Di Indonesia, Sudah banyak banget pemain yang bisa mencetak Brace, contohnya Brace Bambang Pamungkas ke gawang thailand di Piala AFF 2010.

2. Hattrick

Seperti yang dijelaskan sebelumnya. Hattrick adalah kondisi dimana seorang pemain bola bisa mencetak 3 gol dalam 1 laga. Istilah Hattrick diambil dari dunia sulap, di mana pesulap selalu mengeluarkan 3 kelinci dalam topinya ketika melakukan sulap. Di Indonesia, Cukup banyak juga pemain yang bisa mencetak Hattrick, yang terbaru Raphael Maitimo berhasil mencetak Hattrick.

3. Quattrick

Yang ini baru benar-benar sulit dibandingkan Brace dan Hattrick. Quattrick adalah kondisi dimana pemain mencetak 4 Gol dalam 1 Laga. Bisa bayangin 4 Gol Dalam 1 laga, biasanya Quattrick dilakukan oleh pemain top semisal Ronaldo, Suarez dan Messi. Tapi di Indonesia ada Juga Herman Dzumafo yang berhasil mencetak Quattrick pada laga PSPS vs Persih FC.

4. Quintrick

Quintrick adalah suatu momen dimana seorang pemain mencetak 5 Gol dalam 1 Laga, wow 5 Gol. Meskipun kelihatan sulit tapi ada juga pemain yang berhasil mencetak Quintrick dalam tempo yang cepat. Dialah Robert Lewandowski Striker asal Polandia ini berhasil mencetak Quintrick dalam tempo 9 menit, Dasyat!

5. Double Hattrick

Kalo hattrick berarti 3 gol, double hattrick berarti berapa coba? Yap tepat sekali 6 Gol. Mencetak 6 Gol dalam 1 laga mungkinkah ini terjadi? Matt Smith bisa menjawab rasa penasaran kamu. Meskipun namanya tidak sepopuler Ronaldo ataupun messi, Matt Smith berhasil menyarangkan Double Hattrick ketika klubnya Leeds United menang atas FC Gherdenia dengan skor 16-0.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Mengenal Istilah Jumlah Gol dalam Sepakbola dan Futsal"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.