Obat Semprot Penghilang Rasa Sakit, Etil Klorida dan Cara Pemakaian

Pecinta sepakbola maupun futsal pasti pernah atau bahkan sering melihat momen dimana pemain futsal/bola terkena tekel keras lalu tim medis masuk ke lapangan kemudian disemprot lalu sang pemain bisa pulih kembali. Pertanyaannya kira-kira apa ya obat yang disemprotkan ke pemain? Kok bisa ya pemain yang cedera bisa langsung pulih setelah disemprot?
obat semprot penghilang rasa sakit
obat semprot penghilang rasa sakit

Jika sobat pembaca penasaran dengan obat semprot tersebut, artikel ini pas banget nih. Karena sang penulis akan membahas tuntas mengenai cairan semprot ajaib tersebut cairan yang disemprotkan tersebut bernama etil klorida seringkali orang menyebutnya sebagai obat semprot penghilang rasa sakit.

Apa itu Etil Klorida?

Etil klorida adalah obat digunakan untuk mencegah rasa sakit, terutama rasa sakit disebabkan oleh suntikan atau operasi bedah minor. Dalam olahraga etil klorida biasanya digunakan untuk mengatasi cedera pemain sepakbola dan futsal secara cepat. 
apa itu etil klorida
Baca Juga:  5 Perbedaan Dasar Fusal dan Sepak Bola
Terbuat dari apa ya etil klorida ini kok manjur banget buat mengatasi cedera pemain bola dan futsal? Disimak aja yuk kandungan dari obat semprot ajaib ini.
  1. Fine Stream Spray – 3.5 oz
  2. Medium Stream Spray – 3.5
  3. Mist Spray – 3.5 oz
  4. Medium Stream Spray – 3.5 oz
Umumnya beberapa zat kimia tersebut tersedia dalam bentuk botol atau kaleng. Efek yang terasa ketika obat ini digunakan adalah rasa dingin sehingga dapat mengakibatkan efek mati rasa. 

Bagaimana Cara Pakai Etil Klorida?

Cara menggunakan Etil Klorida gampang banget, kamu tinggal menyemprotkannya ke area yang dirasa sakit. Akan tetapi penggunaannya janga asal semprot ya, etil klorida hanya boleh digunakan pada kulit, jangan sampai menyemprotkan etil klorida ke luka terbuka atau selaput lendir seperti mulut dan hidung. Satu lagi jangan sampai kamu menghirup uap etil klorida ya.
obat cedera tinggal semprot
obat cedera tinggal semprot
Memang untuk cara pakai etil klorida memang keliatan gampang banget tapi ada aturan yang harus dipatuhi dalam penggunaan etil klorida tersebut. Untuk mengatasi cedera ringan kamu harus membersihkan dahulu daerah yang terasa sakit, kemudian semprotkan hingga kulit mulai berwarna putih, dan berhenti sebelum kulit membeku.

Efek Samping Etil Klorida

Etil klorida tidak memiliki efek samping yang serius akan tetapi lebih baik rasanya jikalau kamu melakukan  perawatan lanjutan setelah pertandingan untuk mengecek kondisi cedera yang dialami.

Itulah bahasan mengenai etil klorida atau sering disebut pati rasa untuk mengatasi cedera pada pemain sepakbola, futsal dan cabang olahraga lainnya, akhir kata saya sampaikan terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Obat Semprot Penghilang Rasa Sakit, Etil Klorida dan Cara Pemakaian"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.