#4 Teknik Dasar Sepak Takraw Yang Wajib Dikuasai Oleh Pemain

Sepak takraw adalah jenis olahraga kecil yang dimainkan oleh 2 tim yang besertakan 3 orang pertimnya. Di Indonesia olahraga ini memiliki organisasi yang bertugas untuk mengurus semua hal tentang sepak takraw, organisasi tersebut bernama Persatuan Sepak Takraw Indonesia atau disingkat PSTI. 

Sama halnya sepakbola, futsal dan bola voli, olahraga sepak takraw juga memiliki teknik yang perlu dipelajari. Tentu jika sobat sekalian ingin bermain sepak takraw, mutlak banget rasanya untuk mengetahui teknik-teknik yang ada pada olahraga sepak takraw. 
teknik dasar sepak takraw
teknik dasar sepak takraw
Ingin mempelajari teknik-teknik dalam sepak takraw? Artikel ini pas banget buat menjawab rasa ingin tau sobat sekalian karena bahasan artikel ini adalah tentang teknik-teknik dalam sepak takraw yang wajib diketahui. Siap untuk belajar? Simak sampai selesai ya.

1. Sepak Sila

Sepak Sila adalah suatu sepakan menggunakan kaki bagian dalam, sepaka sila berfungsi untuk mengontrol bola serta memberi umpan kepada teman. Bagaimana cara melakukan sepak sila? silahkan simak caranya.
teknik dasar sepak sila
  1. Berdiri dengan satu kaki
  2. Angkat kaki yang akan menendang setinggi paha dengan lutut yang dibengkokkan ke samping
  3. Tendang bola menggunakan kaki bagian dalam
  4. Silahkan tungkai kaki digerakkan dari bawah ke atas dan dikeraskan

2. Menyundul Bola

teknik dasar menyundul bola takraw
teknik dasar menyundul bola takraw
Teknik yang satu ini sama dengan teknik menyundul atau header dalam sepakbola. Teknik menyundul bola bisa digunakan untuk mengoper bola atau melakukan serangan ke arah lawan. Berikut ini adalah cara menyundul bola takraw yang baik dan benar
  1. Berdiri dan melakukan kuda-kuda
  2. Condongkan kedua tangan dibelakang, lalu silahkan sundul bola menggunakan kepala bagian depan
  3. Agar sundulan maksimal, silahkan keraskan leher dan arahkan badan ke depan

3. Tahan Bola

Kapan harus melakukan teknik tahan bola saat bermain sepak takraw? Biasanya teknik tahan bola dilakukan saat menahan serangan dari lawan. Ada dua macam cara menahan bola yang baik dan benar, diantaranya

Menahan Bola Menggunakan Dada

Teknik menahan bola menggunakan dada pada olahraga sepak takraw biasanya dilakukan apabila bola datang setinggi dada. Silahkan simak caranya dibawah ini
  1. Berdiri dan siapkan kuda-kuda
  2. Condongkan Badan ke arah belakang sambil membusungkan dada
  3. Keraskan dan dorong badan ke depan sampai bola memantul ketika badan menyentuh bola.

Menahan Bola Menggunakan Paha

Berbeda dengan menahan bola menggunakan dada, teknik menahan bola menggunakan paha dilakukan pada saat menerima bola setinggi paha atau perut. Cara melakukan teknik ini sangat mudah, berikut caranya:
  1. Berdiri menggunakan satu kaki dengan lutut sedikit ditekuk.
  2. Kaki lainnya diangkat berbarengan dengan paha ke arah atas
  3. Tahan bola menggunakan paha bagian atas.
Baca Juga:

4. Sepak Telapak Kaki

sepak telapak kaki takraw
Sepak telapak kaki adalah teknik terakhir yang perlu pembaca kuasai. Sepak telapak kaki berfungsi pada saat ingin menjangkau bola yang terlampau tinggi, teknik ini berpusat pada kekuatan telapak kaki. Berikut ini adalah cara melakukan teknik sepak telapak kaki.
  1. Berdiri dengan satu kaki serta kaki yang satunya diluruskan di depan badan dengan telapak kaki yang mengarah ke bola.
  2. Pada saat menendang bola, dorong telapak kaki kearah depan
Itulah beberapa teknik dasar sepak takraw yang wajib untuk dikuasai. Supaya menjadi pemain berkualitas, alangkah baiknya jika pembaca berlatih setiap hari agar terbiasa luwes untuk mempraktekkannya. Akhir kata, terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa dan salam olahraga!

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "#4 Teknik Dasar Sepak Takraw Yang Wajib Dikuasai Oleh Pemain"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.