Tips & Cara Menjadi Point Guard Handal Berkualitas Jempolan

Point guard merupakan salah satu posisi pemain dalam olahraga basket, tugas pemain berpoisi point guard adalah sebagai playmaker atau mengatur permainan dengan dribble dan passing kepada rekan setim.

Biasanya pemain berpoisi point guard memiliki postur tubuh yang paling kecil dibandingkan pemain berposisi lain yang ada dalam olahraga basket.

Sesuai dengan tugasnya yang menjadi playmaker dan memberikan supplai bola-bola manja kepada rekan setim, bagus tidaknya seorang point guard dihitung dari berapa assist yang dia ciptakan.
tips menjadi point guard
Lihat Juga:
Kumpulan Kata Bijak Untuk Pemain Basket
Ingin menjadi point guard handal? Berikut ini kami sudah merangkum beberapa tips yang bisa sobat sekalian praktekkan supaya menjadi seorang point guard handal yang bisa menjadi andalan:

4 Tips Menjadi Point Guard Handal

1. Ball Handling

Berhubung tugasnya yang menjadi pengatur serangan, tentu seorang point guard wajib memiliki ball handling atau penguasaan bola yang tenang. Penguasaan bola yang dimaksud bukan hanya mendriblle, akan tetapi sebagai ball handler. Seorang point guard wajib mengetahui kapan harus melakukan driblle, melakukan penetrasi dan juga menguasai serta mendelay bola dalam waktu yang tepat.

2. Komunikasi

Yang harus juga diperhatikan adalah komunikasi, berhubung bola basket dimainkan dengan tim, tentu komunikasi merupakan salah satu hal penting. Seorang point guard harus bisa menjadi penghubung antar lini dari permainan basket karena point guard merupakan jenderal lapangan yang bertugas sebagai pemimpin pada suatu serangan.
cara menjadi point guard handal
cara menjadi point guard handal

3. Ketenangan

Saya rasa ketenangan merupakan salah satu faktor bagus tidaknya performa di lapangan. Sama halnya dengan point guard, seorang point guard harus tetap tenang walaupun dirinya tertekan lawan. Apabila point guard tidak tenang, bisa dipastikan tim tersebut akan kacau balau atau berantakan.

4. Finisher

Tak selamanya point guard sebagai penyuplai bola, ada waktunya juga seorang point guard harus menjadi finisher yang ulung. Point guard juga harus mampu mencetak angka, baik dari layup, mid-range hingga three point. Di jaman basket modern ini, seorang poin guard harus memiliki tembakan yang akurat. Contohnya Stephen Curry, dia adalah contoh point guard yang sering mencetak 3 angka dengan tembakan akuratnya.
Baca Juga:


Demikian beberapa tips yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang point guard handal. Sudah pahamkan? Apabila sobat sekalian sudah paham, silahkan untuk dipraktekkan. Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis di kolom komentar ya.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Tips & Cara Menjadi Point Guard Handal Berkualitas Jempolan"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.