Begini Cara Passing Atas dan Bawah Bola Voli yang Benar

Dalam olahraga bola voli ada teknik-teknik yang wajib sekali untuk dipelajari. Salah satunya adalah passing, passing pun ada jenis-jenisnya yaitu passing atas dan passing bawah. Jika kau sedang mencari cara melakukan teknik ini, artikel ini pas banget karena akan menjabarkan secara detail.

Selain sepakbola dan futsal, coba sebutkan olahraga apa yang populer di Indonesia? Saya yakin pasti kamu akan menjawab bola voli, olahraga yang bisa dimainkan indoor dan outdoor ini sudah dikenal sejak jaman penjajahan Belanda dahulu.

Olahraga bola voli sangat mudah untuk dimainkan, kamu tidak perlu lahan yang terlampau lebar untuk memainkan olahraga ini. Selain itu banyak juga orang Indonesia yang menyukai olahraga bola voli, jadi kamu tidak akan kesulitan mencari teman untuk bermain bola voli.
cara passing atas dan passing bawah bola voli
Lihat Juga:
Begini Cara Servis Atas dan Bawah Bola Voli yang Benar

Walaupun terlihat gampang, ada beberapa peraturan yang ada dalam olahraga bola voli. Jika kamu masih belum mengetahui mengenai peraturan tersebut silahkan baca di artikel peraturan dan pelanggaran dalam olahraga bola voli.
Sudah tau peraturannya?
Selain peraturan masih ada banyak hal wajib yang perlu kamu ketahui sebelum bermain bola voli. Salah satunya adalah teknik dalam bola voli yang wajib dikuasai agar bisa menjadi pemain bola voli profesional yang berkualitas.

Jika kamu bermain bola voli tanpa menggunakan tekniknya sudah pasti kamu akan mengalami kesulitan. Alih-alih mendapatkan pujian penonton karena bermain bagus, yang ada kamu akan jadi bahan tertawaan karena dianggap kurang pandai.
cara passing bola voli yang benar
cara passing bola voli yang benar
Dalam olahraga bola voli ada banyak sekali teknik yang harus dikuasai, salah satunya adalah passing, blok, servis dan masih ada banyak lagi teknik-teknik dalam olahraga bola voli lainnya.

Sesuai dengan judulnya, kali ini saya akan membahas mengenai teknik passing atas dan bawah pada bola voli.  Sebelum membahas tekniknya, sudahkah kamu mengetahui apa passing dalam olahraga bola voli?

Passing diambil dari bahasa Inggris yang berarti mengoper, teknik passing dalam bola voli adalah mengoper bola ke teman satu tim dan memainkannya diarea permainan sendiri. Dalam olahraga bola voli ada 2 jenis teknik passing seperti:
  1. Passing Atas
  2. Passing Bawah

Apa itu passing atas? Apa itu passing bawah? Bagaimana cara melakukannya? Nah supaya lebih lengkap lagi, silahkan baca kelanjutannya seperti yang ini, silahkan disimak dengan seksama supaya bisa dipahami dengan baik:

Cara Passing Atas dan Bawah Bola Voli yang Benar

1. Passing Atas

cara passing atas bola voli
cara passing atas bola voli
Selain dikenal dengan sebutan passing atas teknik ini juga dikenal dengan sebutan set up. Passing atas adalah gerakan mengoper bola yang dilakukan ketika bola diatas kepala menggunakan kedua tangan secara bersamaan. Cara melakukan passing atas seperti berikut ini:
  1. Silahkan berdiri dengan tumpuan dua kaki dan salah satu kaki di depan.
  2. Arahkan pandangan ke arah bola dengan mencondongkan badan ke depan.
  3. Kedua tangan terbuka di atas kepada dengan siku bengkok ke samping.
  4. Angkat bola ke atas dengan menggunakan pangkal jari-jari tangan diikuti dengan gerakan meluruskan kedua siku dan kedua lutut sehingga badan lurus.
  5. Sikap akhir merupakan gerak lanjut dari kedua lengan diikuti oleh anggota tubuh lainnya.

Kesalahan Passing Atas

Berikut ini adalah beberapa momen yang dianggap kesalahan ketika melakukan passing atas, harap dihindari karena akan sangat merugikan
  • Bola kurang tepat mengenai tangan
  • Posisi kedua tangan tidak diatas kening
  • Kaki tidak mengeper

Baca Juga:
Biodata, Profil dan Agama Rohit Chand, Pemain Terbaik Liga 1 2018

2. Passing Bawah

cara passing bawah bola voli
cara passing bawah bola voli
Berbanding terbalik dengan passing atas, passing bawah adalah teknik mengoper bola menggunakan kedua tangan secara bersamaan. Langkah-langkahnya seperti berikut ini:
  1. Silahkan berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, serta badan agak condong ke depan.
  2. Rapatkan kedua tangan dan lurus ke depan bawah.
  3. Silahkan ayunkan kedua lengan secara bersama-sama lurus ke atas depan bersamaan dengan meluruskan kedua lutut.
  4. Sikap akhir adalah gerak lanjut dari lengan yang diikuti anggota tubuh lainnya.

Kesalahan Passing Bawah

Ada juga beberapa momen yang dianggap kesalahan ketika melakukan passing bawah, berikut ini adalah contohnya:
  • Tangan terlalu tinggi ketika menerima bola
  • Lengan terpisah ketika menerima bola
  • Bola mengenai siku

Lihat Juga:
Cara Melakukan Bendungan/Block dalam Olahraga Bola Voli
Demikian cara passing atas dan bawah dalam bola voli yang baik dan benar. Silahkan berlatih dengan serius supaya bisa melakukan teknik ini dengan baik. Terimakasih sudah membaca, silahkan baca juga artikel menarik lainnya.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Begini Cara Passing Atas dan Bawah Bola Voli yang Benar"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.