Ukuran Lapangan, Tiang dan Jaring Net serta Bola Sepak Takraw Lengkap dengan Gambarnya

Olahraga sepak takraw adalah olahraga memainkan bola kecil yang dimainkan oleh 2 klub dengan jumlah pemain tiga orang per klub. Bola yang dimainkan berbeda dengan bola sepak, bola voli dan juga bola basket. Jika ketiga olahraga diatas menggunakan bola yang terbuat dari kulit, bola yang digunakan sepak takraw berbeda karena menggunakan bahan rotan. 

Olahraga sepak takraw berasal dari melayu, permainan ini mengandalkan kekuatan kaki dan kepala. Ternyata olahraga takraw ini sudah ada sejak jaman kesultanan melayu loh, pada masanya sepak takraw bernama sepak raga. Bahasan pada artikel kali ini adalah ukuran lapangan dan tinggi net pada olahraga sepak takraw. Sama halnya dengan olahraga bola voli, basket dan juga futsal, sepak takraw juga punya ukuran lapangan yang ditentukan oleh badan organisasi sepak takraw yaitu ISTF (The International Sepaktakraw Federation). 
ukuran lapangan net jaring bola sepak takraw
Ternyata lapangan sepak takraw didesain khusus dengan jumlah pemain yang berlaga dan juga aturan-aturan main yang digunakan dalam olahraga takraw seperti dilarang menyentuh bola menggunakan tangan kecuali pada saat melakukan servis. 

Ingin membuat lapangan takraw? Tentu lapangan yang bagus bukan hanya dari bahan apa anda membuat lapangan, akan tetapi anda juga perlu mengikuti ukuran yang ditentukan secara internasional, selengkapnya berikut ukuran lapangan dan tiang net dalam olahraga sepak takraw.

1. Ukuran Lapangan Takraw

Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah membuat lapangan takraw. Seperti yang sempat saya singgung diawal, lapangan takraw yang bagus harus sesuai ukurannya dengan standar internasional. Lapangan takraw berbentuk persegi panjang dengan garis tengah yang berfungsi sebagai pembagi dua sisi sama besar dan masing-masing memiliki bentuk lingkaran sebagai tempat untuk melakukan servis. Selengkapnya berikut penjelasan mengenai ukuran lapangan sepak takraw:
ukuran lapangan sepak takraw
ukuran lapangan sepak takraw
  • Panjang lapangan adalah 13,4 meter
  • Lebar lapangan 6,1 meter
  • Diameter lingkaran yang digunakan sebagai area servis adalah 30 cm atau 0,3 meter
  • Garis luar bebas dari jangkauan penonton adalah 2 meter
  • Tebal ukuran garis 4 cm
  • Jika dibuat indoor atau didalam ruwangan ketinggian atap harus minimal 3 meter
  • Ukuran lingkaran pada garis tengah lapangan sepak takraw adalah berdiameter 0,61 meter
  • Ukuran garis seperempat lingkaran adalah diameter 0,9 meter

2. Ukuran Tiang Net

Mirip dengan bola voli, olahraga takraw pun membutuhkan net. Fungsi net adalah sebagai pembagi area lapangan. Untuk menopang net tentu sobat sekalian membutuhkan tiang yang dipasang 30 cm diluar sisi lapangan. Perlu dicatat, tinggi net pria dan wanita dalam olahraga sepak takraw berbeda, biar lebih jelas lanjut disimak ya :
ukuran tiang net sepak takraw - pria
  • Tinggi Net Pria: Ukuran 1,55 meter dengan bagian samping berjarak 1,52 pada bagian tengah-tengah lapangan
  • Tinggi Net Wanita: 1,42 meter di bagian samping dengan jarak minimal 1,42 meter di tengah-tengah lapangan

3. Jaring Net

ukuran jaring sepak takraw
Biasanya net yang digunakan dalam olahraga takraw terbuat dari nilon. Kenapa menggunakan nilon? Jawabanya adalah karena nilon terkesan lentur namun tetap kuat. Ukuran jaring net sepak takraw adalah panjang 6,1 meter dan lebar 0,70 meter. Dibagian atas, kiri dan kanan jaring net terdapat kain berbentuk pita berukuran lebar 5 cm yang didalamnya terdapat tali net.

4. Bola Takraw

Seperti yang sudah saya singgung diawal, bola takraw terbuat dari lilitan rotan. Dengan lapisan 9 serta juga 11 lilitan yang nantinya akan di anyam menjadi lingkaran yang kemudian menjadi bola takraw. Berikut ini adalah rincian ukuran dari bola takraw.
ukuran bola sepak takraw
ukuran bola sepak takraw

  • Diameter 41-43 centimeter.
  • Terdapat lubang bola kecil sebanyak 12
  • Berat untuk satu bola takraw berkisar antara 160-180 gram.
Baca Juga:
Sudah tau kan tentang ukuran lapangan, tiang, jaring net dan bola dalam olahraga sepak takraw? Biar teman-teman juga tau, jangan lupa share ke sosial media ya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa dan salam olahraga!

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Ukuran Lapangan, Tiang dan Jaring Net serta Bola Sepak Takraw Lengkap dengan Gambarnya"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.