Penjelasan Strategi Power Play Pada Futsal

Apa itu strategi Power Play? Nah itulah bahasan pada artikel ini. Seperti yang kita ketahui strategi power play sering kali di gunakan dalam permainan futsal. Power Play adalah suatu strategi dimana seorang kiper yang mulanya hanya ditugaskan menjaga gawang merangkap tugas membantu 4 pemain lainnya saat menyerang lawan.

Berdasarkan peraturan dalam futsal seorang kiper hanya boleh mengontrol bola selama 4 detik di area sendiri, jika seorang kiper memainkan bola di area sendiri selama lebih dari 4 detik maka indirect free-kick kepada lawan karena itu dianggap pelanggaran.

Sebaliknya jika kiper memasuki area permainan lawan (melewati garis tengah lapangan), kiper bisa memainkan bola selama dia mau. Nah pada saat kiper menguasai bola di area lawan, inilah yang dinamakan strategi powerplay.

Biasanya Kiper Power Play diperankan oleh pemain khusus yang punya skill passing serta shooting yang akurat. Tak hanya kedua skill itu, Kiper Power Play juga harus memiliki skill menjaga gawang yang bagus mengingat menggunakan strategi power play rawan sekali mendapatkan counter attack cepat dari lawan.

Gambar Strategi Power Play Futsal

Gambar diatas adalah contoh Penempatan Kiper Power Play pada sebuah strategi. Biasanya pemain yang menggantikan kiper utama harus menggunakan jersey berbeda dengan pemain lainnya. Jika tidak ada jersey cadangan, pemain pengganti kiper utama bisa menggunakan rompi

Plus & Minus Strategi Power Play

Mengingat kiper pada posisi ini turut andil dalam proses penyerangan, otomatis klub yang menggunakan strategi ini akan lebih menguasai pertandingan. Strategi ini cocok banget digunakan saat mengejar ketinggalan gol dari dari lawan.

Minusnya, Apabila bola tercuri lawan, tim lawan bisa mencetak gol dengan mudah. Apalagi jika penjaga gawang tidak bisa kembali menjaga gawang dengan cepat. Karena itu Menggunakan strategi ini harus dipikirkan secara matang terlebih dahulu. Mengingat power play yang awalnya bertujuan untuk mematikan awan bisa juga menjadi boomerang bagi tim sendiri.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Penjelasan Strategi Power Play Pada Futsal"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.