7 Tipe Stiker yang Wajib Kamu Ketahui, Anak Bola Wajib Masuk!!

Denger kata 'Striker' pecinta sepakbola pasti paham dimana dan apa tugas dari pemain ini. Yap, Striker yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia Berarti penyerang adalah seorang pemain sepakbola yang ditepatkan dipaling depan, tugas dari seorang striker adalah memanfaatkan semua peluang untuk menjadi gol.

Sebut saja Ronaldo da Lima, Ruud Van Nistelrooy, Inzaghi, Trezeguet dan Thierry Henry adalah beberapa contoh striker-striker legendaris yang sempat berjaya pada masanya, barisan para striker Legendaris tersebut Sempat menjadi andalan di tim nasional dan klubnya masing -masing. Kami sebelumnya juga pernah membahas  seputar pemain sepakbola termahal di asean.

tipe striker bola
tipe striker bola

Pada jaman sepakbola modern seperti saat ini peran seorang striker tak hanya turut andil dalam proses pernyerangan. Seorang striker pada jaman sekarang harus juga berperan pada saat sebuah klub bertahan. Tak heran jikalau pada saat ini banyak sekali tipe-tiper striker dalam dunia sepakbola, berikut adalah ulasan lengkap mengenai tipe-tipe striker dalam sepakbola modern.

1. Target Man

Umumnya seorang target man mempunyai badan yang tinggi kekar dan pastinya seorang target man memiliki body balance yang kuat. Selain mencetak gol Biasanya seorang target man juga bertugas sebagai penahan bola atau membelokan bola kepada rekannya, biasanya seorang target man memiliki skill header yang bagus. Gonzalo Higuain, Zlantan Ibrahimovic dan Olivier Giroud merupakan salah satu contoh pemain bola kelas dunia yang berposisi target man.
van nistelrooy salah satu striker legendaris
van nistelrooy salah satu striker legendaris

2. Deep-lying forward

Deep-lying forward, Mungkin tipe striker seperti ini adalah salah satu striker yang dibutuhkan klub yang memainkan strategi counter attack. 'mengapa demikian?' seorang Deep-lying forward tak hanya beroperasi di daerah pertahanan lawan, namun Deep-lying forward juga harus mundur kebelakang untuk menjemput bola dan mendistribusikan bola ke rekan setim. Deep-lying forward harus memiliki kreativitas dan ketangguhan yang baik. Contoh: Robin van Persie 

3. Defensive Forward

What defensive Forward? Emang ada striker yang suka bertahan? Defensive forward, striker semacam ini sering digunakan ketika sebuah tim memainkan strategi bertahan. Apa tugas defensive forward? Striker ini memiliki dua tugas, yang pertama tentu sebagai penyerang, yang kedua membantu lini pertahanan. Contoh Defensive Forward ada Dirk Kuyt, Ramires dan T.A Musafri.

4. Advanced Foward

Yang dimaksud Advanced Foward adalah seorang striker yang cenderung bermain sejajar dengan bek lawan. Advanced Foward sangat membutuhkan umpan terobosan atau umpan segitiga ala PES, kecerdikan sang striker tentu diperlukan mengingat tak jarang bek lawan memainkan jebakan offside. Contoh Advanced Foward: Ronaldo da Lima, Torres dan Boaz Sollosa.

5. Poacher

Di era sepakbola modern ini semua pemain kecuali kiper hehe dituntut bergerak ke setiap lini demi menemukan peluang yang bagus untuk mencetak gol, lain halnya dengan striker bertipe Poacher, Poacher hanya berkeliaran di kotak penalti, nggak heran jikalau ada yang menyebut striker poacher pemain malas, tapi ada juga loh striker bertipe poacher yang subur banget, dialah Inzaghi sang legenda AC Milan.
thierry henry stiker legendaris dari arsenal
thierry henry stiker legendaris dari arsenal

6. Trequartista

Untuk menjadi Trequartista, kamu harus memiliki sikap tidak egois. Mengapa demikian? Karena striker Trequartista lebih mementingkan peluang rekannya untuk mencetak gol. Ada Ricardo Kaka, Wayne Rooney dan Francesco Totti yang merupakan contoh striker bertipe Trequartista.

7. Complete Forward

Seperti namanya Complete yang kalau diartikan ke dalam bahasa indonesia berarti lengkap, Complete Forward memiliki semua  tipe striker yang sebelumnya sudah dibahas. Striker ini menjadi striker idaman pelatih manapun karena dapat diterapkan pada semua skema permainan. Walaupun bisa dimainkan disegala skema permainan, Complete Forward memutuhkan partner yang pas agar bisa mencetak banyak gol. Contoh Complete Forward: Edinson Cavani dan Robert Lewandowski.
Itulah 7 tipe striker bola yang wajib kalian ketahui. Kamu seorang striker? Mana tipikal striker yang kamu sukai gan? Tulis di kolom komentar ya, jangan lupa share agar teman kamu juga bisa mengetahui jenis-jenis striker dalam sepakbola. Sekian share mimin kali ini yang berhubungan dengan tipe stiker-striker dan terima kasih. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman bola kalian.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "7 Tipe Stiker yang Wajib Kamu Ketahui, Anak Bola Wajib Masuk!!"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.