Sejarah Persib Bandung Paling Lengkap dari Masa ke Masa

Jika membahas tentang persepakbolaan Indonesia, kurang afdol rasanya jika tidak mengenal persib bandung. Tim berjulukan pangeran biru ini adalah salah satu klub sepakbola terbesar di Indonesia.

Persib memang dikenal sebagai salah satu klub kuat yang selalu menjadi kandidat juara kompetisi persepakbolaan tanah air tiap tahunnya. Hal ini terjadi karena persib diperkuat oleh pemain-pemain yang rata-rata berlabel bintang.
sejarah klub persib maung bandung
sejarah klub persib maung bandung
Tentu ini berkat finansial klub yang bermarkas di GBLA tersebut, saking kuatnya finansial persib bandung, tim pujaan bobotoh ini sempat merekrut gelandang kelas dunia yaitu michael essien yang sempat menjadi pemain asing termahal di Indonesia.

Persib bandung didirikan tahun 1933, kini klub yang identik dengan warna biru tersebut sudah berumur 85 tahun. Dalam 85 tahun tersebut sudah banyak sekali peristiwa dan gelar yang menjadi sejarah perkembangan klub ini, kira-kira seperti apa sejarah persib bandung ini? Simak terus kelanjutannya ya.

Sejarah Persib Bandung

Pada awal kemunculannya klub ini bernama Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond, klub yang disingkat BIVB ini didirikan pada tahun 1923. BIVB mengangkat Mr syamsyudin sebagai ketua umumnya. Selama perkembanganya BIVB sodah bergonta-ganti ketua umum hingga akhirnya diketuai oleh R atot yang merangkap jabatan menjadi komisaris daerah jawa barat.

Sejarah mencatat BIVB merupakan salah satu klub yang menjadi perintis didirikannya PSSI pada tahun 1930 bersama beberapa klub sepakbola legendaris Indonesia seperti SIVB (Persebaya), MIVB (PPSM Magelang), MVB (PSM Madiun), VVB (Persis Solo), dan PSM (PSIM Yogyakarta).

Setahun setelah lahirnya PSSI, mulai bermunculan kompetisi resmi antar kota atau perserikatan. Pada edisi pertama kompetisi perserikatan yang diadakan pada tahun 1933, BIVB langsung membus partai final namu akhirnya kalah dari VIJ jakarta.

Asal Usul Lahirnya Klub Persib Bandung

Lahirnya Persib bandung bermula ketika Persatuan Sepak bola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB) memutuskan untuk bergabung menjadi satu, pergabungan kedua kelompok tersebut terjadi pada 13 Maret 1933 yang merupakan tanggal lahir persib bandung.

Selain kedua perkumpulan tersebut, ada juga beberapa tim yang memutuskan bergabung menjadi bagian persib diantaranya SIAP, Soenda, Singgalang, Diana, Matahari, OVU, RAN, HBOM, JOP, MALTA, dan Merapi. Saat pertamakali berdiri, persib bandung diketuai oleh Anwar St. Pamoentjak.

Itulah cikal bakal lahirnya persib bandung seperti yang kita kenal saat ini. Untuk lebih lebih lengkapnya lagi, kalian bisa membaca profil persib bandung lengkap dengan tanggal lahir persib bandung, julukan persib bandung, stadion markas persib bandung dan semua hal lainnya mengenai persib bandung.

Profil Persib Bandung

  1. Nama lengkap: Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung
  2. Singkatan: Persib
  3. Tanggal lahir: 14 Maret 1933
  4. Usia: 85 tahun
  5. Julukan: Maung Bandung, Pangeran Biru, Usab Perning
  6. Direktur utama: Glenn Sugita
  7. Manager: Umuh muchtar
  8. Pelatih: Roberto Carlos Mario Gómez
  9. Asisten Pelatih: Fernando Gaston Soler
  10. Liga: Liga 1 Indonesia dan Piala Indonesia
  11. Situs web: www.persib.co.id


Gelar Juara Persib Bandung

Seperti diketahui persib bandung sudah berusia 85 tahun, selama 85 tahun tersebut sudah banyak sekali gelar-gelar juara yang sudah didapatkan oleh persib bandung selama mengikuti kompetisi sepakbola resmi indonesia.

Gelar juara pertama persib bandung didapatkan pada tahun 1937, pada partai final liga perserikatan, persib bandung berhasil mengalahkan persis solo dan membawa piala perserikatan ke bandung.

Pada era 60 hingga 90-an, persib bandung menjadi klub yang ditakuti lawan. Kekuatan skuad yang dimiliki persib pada waktu itu berbuah 4 kali gelar juara perserikatan yang didapatkan pada tahun 1961, 1986, 1990.

Selain meraih gelar juara, persib bandung juga sempat menjadi juara kedua atau runner-up kompetisi perserikatan pada tahun 1950, 1959, 1966, 1983, dan 1985.

Setelah kompetisi perserikatan berganti menjadi liga Indonesia, keperkasaan maung bandung tetap menakutkan lawan. Persib bandung yang kala itu dikomandoi roby darwis berhasil meraih gelar juara liga indonesia pertama pada tahun 1995.
nama asli bobotoh bandung
nama asli bobotoh bandung
Raihan gelar juara liga indonesia tersebut terjadi berkat gol tunggal yang diciptakan sutiono lamso ke gawang petrokimia gresik pada laga yang berakhir dengan skor 1-0 untuk persib bandung.

Sayangnya persib bandung tidak tampil garang pada liga indonesia tahun 2000-an. Paling buruk, persib bandung nyaris terdegradasi ke divisi 1 pada tahun 2003, beruntung pada waktu itu persib berhasil memenangi laga playoff yang menyelamatkan maung bandung dari degradasi.

Setelah 19 tahun puasa gelar, akhirnya persib bandung berhasil menyudahi puasa gelar dengan raihan gelar juara ISL 2014. Pada laga final yang berakhir dengan babak adu penalti, persib bandung berhasil menyudahi perlawanan persipura jayapura yang termasuk tim sepakbola terkuat di Indonesia.

Gelar ISL 2014 tersebut semakin lengkap dengan gelar juara piala presiden 2015, pada laga final tersebut persib bandung berhasil mengandaskan perlawanan mitra kukar. Selengkapnya berikut gelar juara yang pernah diraih persib bandung:
persib juara isl tahun 2014
persib juara isl tahun 2014
  1. Juara Perserikatan (5 kali): 1937, 1961, 1986, 1990 dan 1994
  2. Juara Liga Indonesia / Liga Super Indonesia: Tahun 1995 dan 2014


Turnamen

  1. Juara Nasional Siliwangi Cup: 1981, 1989, 1994, 2000
  2. Juara Soeratin Cup: 2003, 2006
  3. Juara Persija Cup: 1991 
  4. Juara Kang Dada Cup: 2008 
  5. Juara Celebes Cup: 2012 
  6. Juara Jusuf Cup: 1979 
  7. Juara Cup: 1957 
  8. Juara Piala Utama: 1992 
  9. Juara Piala Walikota Padang: 2015


Pemain Legenda Persib Bandung

Sebagai salah satu tim sepakbola besar di Indonesia, persib bandung dikenal sebagai klub yang memiliki pemain legendaris yang menjadi andalan persib dan tim nasional indonesia, siapa saja silahkan disimak.

Daftar Pemain Legenda yang Dimiliki Persib Maung Bandung

  1. Risnandar Soendoro 
  2. Nandar Iskandar 
  3. Adeng Hudaya  
  4. Herry Kiswanto  
  5. Ajat Sudrajat 
  6. Yusuf Bachtiar 
  7. Dadang Kurnia 
  8. Robby Darwis 
  9. Budiman 
  10. Nur'alim 
  11. Yaris Riyadi
  12. Erik Setiawan

Persib bandung memiliki akun media sosial resmi untuk berinteraksi dengan para bobotoh dan viking yang selalu mendukung persib. Berikut ini adalah akun facebook, twitter dan instagram resmi dari persib bandung:

Akun Media Sosial Resmi Persib Bandung

  • Facebook: Persib Bandung
  • Twitter: @persib
  • Instagram: @persib_official 


Demikian sejarah persib bandung dan gelar-gelar juara yang pernah di dapatkan selama mengikuti kompetisi resmi. Terimakasih sudah membaca artikel ini, biar dulur bobotoh / viking yang lain juga mengetahui sejarah persib bandung, jangan lupa share ya.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Sejarah Persib Bandung Paling Lengkap dari Masa ke Masa"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.