Asal Mula, Sejarah dan Perkembangan Pencak Silat Terlengkap

Apa itu pencak silat? Kapan pencak silat didirikan? Seperti apa sejarah pencak silat? Itulah kiranya kata kunci yang buat kamu membaca artikel kami yang mengulas tentang sejarah dan perkembangan ilmu bela diri asli Indonesia ini.

Jika Jepang punya karate, cina punya kungfu, Korea punya Taekwondo dan Thailand punya Muay Thai, Indonesia patut berbangga dengan adanya pencak silat yang merupakan ilmu bela diri asli Indonesia yang sudah ada sejak dahulu kala.
sejarah lengkap pencak silat
sejarah lengkap pencak silat

Apa itu pencak silat?

Pencak silat adalah ilmu bela diri asli Indonesia yang asalnya dari dua kata yaitu pencak dan silat. Tentu ada makna yang terkandung dalam kata pencak silat tersebut.

Kata pencak berarti gerak dasar beladiri dan terikat dengan peraturan. Sedangkan adalah gerak beladiri sempurna bersumber dari kerohanian.

Di Indonesia, pencak silat berada dalam naungan ikatan pencak silat Indonesia atau yang disingkat IPSI. Organisasi ini sudah berdiri sejak tahun 1948 lalu, peresmiannya dilakukan di kota Surakarta.
apa itu pencak silat
apa itu pencak silat
Hingga saat ini seni bela diri pencak silat masih eksis di Indonesia. Bahkan animo masyarakat Indonesia makin hari makin besar untuk melestarikan pencak silat sebagai salah satu budaya Indonesia.

Selain dikenal dengan sebutan pencak silat, ternyata di beberapa wilayah Indonesia lainnya ada sebutan atau istilah lain dari pencak silat, seperti berikut ini.

  1. Silek & Gayuang (sumatera barat)
  2. Bersilat (Sumatra Barat, Malaysia dan Singapura)
  3. Maempok dan Penca (Jawa barat)
  4. Pencak (Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur ada)
  5. Mancak (Madura dan Pulau Bawean)
  6. Mancak dan Encak (Bali)
  7. Mpaa Sila (NTB dan Dompu)

Sejarah Lengkap Pencak Silat

Perkembangan pencak silat dimulai pada zaman kerajaan yang sempat berkuasa di kepulauan Nusantara ini. Dalam perkembangannya pencak silat sudah melewati beberapa kali perkembangan zaman hingga akhirnya hingga pasca kemerdekaan.

Sejarah Pencak Silat Zaman Kerajaan

Asal mula seni bela diri pencak silat bermula sejak zaman kerajaan dahulu. Pada kala itu pencak silat digunakan untuk berperang antar kerajaan yang ingin memperluas atau mempertahankan wilayahnya.

Tercatat ada beberapa kerajaan besar di Indonesia seperti Majapahit, Kediri, Kutai Kartanegara hingga Malangsari yang menggunakan ilmu bela diri pencak silat ketik berperang, hanya saja kala itu bum ada istilah pencak silat.

Barulah pada tahun 1019 - 1041 seni bela diri ini mulai dikenal, kala itu kerajaan Kahuripan yang bermarkas di Sidoarjo pimpinan Prabu Erlangga mulai mengenal ilmu pencak bernama Eh Hok Hik. Nama Eh Hok Hik memiliki makna Maju Selangkah Memukul.

Baca Juga:
Biodata Adhisty Zara JKT48 Beserta Agama dan Perjalanan Karier

Sejarah Pencak Silat Zaman Penjajahan Belanda

Setelah mengalami perkembangan pada zaman kerajaan, pada zaman penjajahan Belanda pun juga mengalami perkembangan. Hanya saja kala itu pencak silat tidak di izinkan karena dianggap dapat membahayakan kolonial Belanda yang kala itu berkuasa.

Belanda hanya memberi kesempatan masyarakat untuk mengembangkan kesenian yang masih digunakan di beberapa daerah. Penjajah yang berkuasa selama 350 tahun ini hanya memperbolehkan masyarakat untuk mengembangkan kesenian berbentuk pertunjukan ataupun upacara.

Tidak diberi kesempatan oleh Belanda, bukan berarti ilmu bela diri ini tidak bisa berkembang. Masih ada cukup banyak orang yang kala itu mengembangkan pencak silat secara sembunyi-sembunyi.

Sejarah Pencak Silat Zaman Penjajahan Jepang

Setelah Belanda tidak lagi berkuasa, Jepang mulai menjajah negara maritim ini. Berbanding terbalik dengan Belanda, Jepang memperbolehkan masyarakat untuk mengembangkan ilmu bela diri pencak silat dengan tujuan untuk menghadapi sekutu.

Sejak itu banyak sekali diadakan pemusatan tenaga dari aliran pencak silat. Even ini dilakukan secara besar-besaran terutama di pulau Jawa.

Meskipun hanya digunakan untuk kepentingan Jepang, ternyata masa ini berdampak besar terhadap perkembangan pencak silat karena berhasil menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan budaya asli Indonesia ini.

Baca Juga:
Sejarah Lengkap Bulu Tangkis (Badminton) di Indonesia

Sejarah Pencak Silat Pasca Kemerdekaan

Setelah Indonesia merdeka, pemerintah berniat untuk mendirikan sebuah organisasi yang menaungi perguruan-perguruan ilmu silat yang ada di Indonesia. Pada tanggal 18 Mei 1948, secara resmi ikatan pencak silat seluruh Indonesia berdiri.

Tak lama pasca peresmiannya, organisasi yang menaungi perguruan-perguruan ilmu silat seluruh Indonesia ini secara resmi berganti nama menjadi ikatan pencak silat Indonesia atau yang disingkat IPSI.
perkembangan pencak silat
perkembangan pencak silat
Latar belakang adanya IPSI adalah untuk mempersatukan padepokan ilmu silat seluruh Indonesia supaya tetap bersatu dan tidak mudah dipecah-belah. IPSI tercatat sebagai salah satu organisasi silat tertua di dunia.

Saat ini sudah banyak sekali perguruan yang mengembangkan ilmu pencak silat di Eropa dan Amerika. Bahkan pencak silat masuk ke dalam salah satu olahraga yang diikutkan dalam pesta olahraga Asia tenggara yaitu SEA games.

Itulah asal mula, sejarah pencak silat dan perkembangannya, seni bela diri asli Indonesia yang mendunia. Supaya pengetahuan ini makin bermanfaat, silahkan bagikan ke media sosial ya.

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Asal Mula, Sejarah dan Perkembangan Pencak Silat Terlengkap"

Post a Comment

Tidak menerima Komentar 'Nice Post', 'Kunbal', 'Link Aktif' dan Komentar yang Tidak Relevan Lainnya.